Monday, April 21, 2014

PENERIMAAN CALON TARUNA/TARUNI AKADEMI KEPOLISIAN TAHUN ANGGARAN 2014

Polda Jabar (Lawunews.Com)
Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Polda Jabar memberikan kesempatan kepada pemuda-pemudi Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan Taruna Akademi Kepolisian Tahun Anggaran 2014. Jumlah peserta didik sebanyak 300 orang terdiri dari 250 pria dan 50 wanita, dengan lama pendidikan selama 4 (empat) tahun bertempat di Akademi Kepolisian Semarang. 

Pembukaan pendidikan Taruna/Taruni Akpol Tahun Anggaran 2014 dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2014. Selama pelaksanaan penerimaan Calon Taruna/Taruni Akpol Tahun Anggaran 2014 tidak dipungut biaya apapun serta tetap berpedoman bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH). Pendaftaran dilaksanakan tanggal 19 April s.d. 25 Mei 2014 di Polres/Polrestabes jajaran Polda Jabar, calon peserta sebelumnya harus melakukan registrasi online melalui website www.penerimaan.polri.go.id.

Persyaratan umumnya yang harus disiapkan calon pendaftar adalah sebagai berikut :
1.Warga Negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
2.Setia kepada Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
3.Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang dinyatakan      dengan surat keterangan dari Polres setempat.
4.Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
5.Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres/tabes).
6. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
7.Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian.

Sementara persyaratan lainnya, adalah sebagai berikut :
1.Berijazah serendah-rendahnya SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS dengan ketentuan, sebagai berikut :
   a.   Bagi yang berusia 16 tahun s.d. kurang dari 17 tahun, dengan  ketentuan :
           1)   Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,00 (delapan koma nol nol) atau ;
           2)   Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 7,25 (tujuh koma dua lima) s.d. 7,99 (tujuh koma sembilan sembilan) harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEFL di atas 500 (lima ratus);  
   b.   Bagi yang berusia 17 s.d. 21 tahun memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 7,25 (tujuh koma dua lima);
     c.   Bagi lulusan tahun 2014 (masih kelas XII) menggunakan nilai rata-rata rapor kelas XII semester I dengan rata-rata :
       1)Bagi yang berusia kurang dari 17 tahun nilai rata-rata minimal 8,00 (delapan koma nol nol);
         2)Bagi yang berusia 17 s.d. 21 tahun nilai rata-rata minimal 7,25 (tujuh koma dua lima);
    3)Setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyaratan butir 1.a.


2.Tinggi badan minimal Pria 163 cm dan bagi wanita minimal 160 cm dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
3.Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Taruna Akpol ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus dan dilantik dengan menggunakan pangkat Ipda.
4.Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) minimal 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Taruna Akpol (masa dinas surut tidak diperhitungkan).
5.Memperolah persetujuan dari orang tua/wali, tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain.
6.Tidak terikat perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain.
7.Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan dengan ketentuan sebagai berikut :
     a. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi/satuan kerja yang bersangkutan.
      b. Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna Akpol.
8.Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian di tingkat Panda dengan sistem gugur dan kemudian mengikuti seleksi tingkat Panpus Mabes Polri.

Pada saat pendaftaran calon datang sendiri ke tempat pendaftaran (tidak boleh diwakilkan oleh siapun juga) dengan membawa dokumen asli dan membawa masing-masing 1  lembar foto copy yang telah dilegalisir, terdiri dari : bukti pendaftaran online,  ijazah/STTB SD, SMP, SMU/Sederajat  (foto copi dilegalisir oleh  Diknas Kabupaten/Kota.

setempat atau sekolah), buku rapor SD, SMP, SMA/Sederajat (foto copi dilegalisir sekolah masing-masing), daftar nilai HUAN foto copi dilegalisir Diknas Kab/Kota setempat atau sekolah), Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (foto copi dilegalisir Dinas Kependudukan setempat), Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres/tabes (foto copi dilegalisir Polres/tabes yang menerbitkan), Surat Keterangan Sehat dari institusi kesehatan di luar Polri seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum (foto copi dilegalisir instansi yang menerbitkan), KTP atas nama pendaftar dan foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat), KTP orang tua /wali (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat),  Kartu Keluarga (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat),  pas photo ukuran 4x6 sebanyak 20 lembar, pas photo close up setengah badan menghadap ke depan ukuran  post card/3 R latar belakang warna merah sebanyak 2 lembar. Seluruh berkas tersebut dimasukan ke dalam map terpisah, yaitu satu map untuk berkas dukumen asli  serta satu map untuk berkas foto copi.

Registrasi secara online melalui internet di website www.penerimaan.polri.go.id. Tempat pendaftaran dan verifikasi di seluruh Polres/Tabes jajaran Polda Jabar. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Panitia Daerah Polda Jabar di Subbag Diapers Bag Dalpers Biro SDM Polda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung Telp. (022) 7811386/7800011/7800012 dan fax (022) 7811386 atau Polres/Tabes yang terdekat serta di website http://diaperspoldajabar.net. Pengaduan penerimaan Brigadir Polri Tahun Anggaran 2014 ke (022) 7811386 atau handphone 08818275970.(Bid Humas Polda Jabar/Bastian) 

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...