Tuesday, June 3, 2014

Kepercayaan Masyarakat Merupakan Modal Dasar Pembangunan Unigal

Ciamis (Lawunews.Com) 
Universitas Galuh (Unigal) Ciamis melepas 474 lulusan dalam acara "Wisuda Unigal Gelombang I Periode 2013/ 2014" yang berlangsung di aula Unigal, Rabu beberapa waktu lalu. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB itu berlangsung khidmat.

Hadir pada acara tersebut Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten, Dr Subahi Idris, MM, Ketua Yayasan Pendidikan Galuh H Otong Husni Taufik, S.IP, M.Si, Pembina Yayasan Pendidikan Galuh Drs H Rachlan Wikarta dari Drs. H. Odjo Sudjaja Gozali, M.Si, serta orang tua wisudawan dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Galuh Prof Dr H Suherli, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten serta dae­rah lainnya yang telah memper­cayai Unigal Ciamis sebagai tempat menimba ilmu bagi putra/ putrinya.

Unigal sebagai perguruan tinggi swasta berupaya untuk meningkatkan standardisasi mutu dengan membentuk Satuan Penjamin Mutu (SPM) sebagai persiapan memenuhi ketentuan Akreditasi Institusi  Perguruan Tinggi (AIPT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Akreditasi tersebut dimak­sudkan untuk menjawab hara­pan masyarakat yang mengharapkan Unigal Ciamis men­jadi perguruan tinggi berkuali­tas serta bisa mencetak para lu­lusannya yang andal dan bermutu.

­Peningkatan mutu tersebut didasari Undang-undang No­mor 12 tahun 2012 yang menuntut agar setiap perguruan tinggi mengakreditasikan insti­tusinya sebagai akuntabilitas penyelenggaraan perguruan tinggi kepada publik.

"Kami selalu berusaha meningkatan mutu dengan pe­menuhan prasyarat keahlian dan profesionalisasi dosen, sarana dan prasarana, tata ke­lola, prestasi civitas academica serta pendukung lain yang per­lu dikelola sesuai dengan stan­dardisasi," tutur Suherli.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Galuh, H Otong Husni Taufik, S.IP, M.Si menuturkan, keper­cayaan masyarakat yang sela­ma ini diberikan kepada Unigal merupakan modal dasar pe­ngembangan Unigal dalam rangka untuk mewujudkan visinya menjadi universitas unggulan dan berdaya saing global pada tahun 2030 men­datang.

"Untuk mewujudkan visi ter­sebut, kami dari jajaran pen­gurus Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis senantiasa mem­bantu mewujudkan visi dan misi Unigal dengan terus menjalin koordinasi dengan berba­gai bidang yang ada di Unigal" tutur H Otong.

Salah satu langkah untuk mencapai sasaran tersebut yaitu mempersiapkan beberapa hal, di antaranya meningkatkan akreditasi program studi dan akreditasi institusi, meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen, meningkatkan pelayanan kepada para mahasiswa, menjalin kemitraan yang lebih intensif dengan pemerintah, lembaga swasta, serta perguruan tinggi negeri/           swasta baik di dalam maupun luar negeri.    

Mahasiswa Peraih Yudisium Terbaik
Unigal Ciamis memiliki 7 fakultas unggulan, diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, serta Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes). Selain itu Unigal Ciamis juga memili­ki jurusan program pascasar­jana yang tersedia bagi para sarjana untuk melanjutkan jen­jang pendidikan yang lebih tinggi.

Dari 7 fakultas serta program pascasarjana tersebut, masing-­masing fakultas mencetak wisudawan peraih nilai yudisi­um terbaik. Untuk Program Pascasarjana, predikat yudisi­um terbaik diraih Handoko dari program studi (prodi) Administrasi Pendidikan (3,64), dan Mia Rosmiati dari prodi Manajemen (3,69).

Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), pe­raih yudisium terbaik masing-­masing diraih oleh Siti Hujai­mah dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (3,42). Diana Pertiwi dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (3,65), serta Asep Saeful Milah dari prodi Pendidikan Jasmani, Kese­hatan dan Rekreasi/ PJKR (3,50).

Sedangkan untuk Prodi Pendidikan Sejarah diraih oleh Dedeh Mardiatingsih (3,16), prodi pendidikan biologi diraih Artie Noer Hakimi (3,19), dan  prodi pendidikan akuntansi di­ raih Dania Irawati (3,00).

Untuk Fakultas Hukum, peraih yudisium terbaik diper­oleh Wini Nur Ramadhani (3,30), Fakultas Pertanian di­raih Asih Sumiarsih dari prodi Agribisnis (3,66), serta Fakultas Ilmu Kesehatan diraih Ali Nuriman dari prodi Ilmu Ke­perawatan (3,10).

Peraih yudisium terbaik untuk Fakultas Ekonomi Herni Lestiani dari prodi Akutansi (3,46); dan Resty Puji Astuti , dari prodi Manajemen (3,53). Untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) diraih  oleh Erna Yulianti dari prodi Administrasi Negara (3,36), dan Edi Rohendi dari prodi. Ilmu Pemerintahan (3,40).

Sedangkan untuk Fakultas Teknik yudisium terbaik diraih Mamat Endang dari prodi Tek­nik Sipil (3,13), Bubun Hasibuan dari prodi Teknik Indus­tri (2,89), dan Nazar Hamid dari prodi Teknik Mesin  (3,30). (tim)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...