Tuesday, June 3, 2014

Empat Negara Semarakan Kite Exhibition 2014 Di Pangandaran

Pangandaran (Lawunews.Com)
Empat negara dan 20 provinsi ikuti acara pesta layang- layang inter­nasional 2014 yang ke-25 di lapangan Katapang Doyong Desa Pangandaran Kecamatan dan Kabupaten Pangandaran, Sabtu-Minggu (17-­18/5). Bukan hanya pesta layang-­layang saja yang disuguhkan dalam gelar Pangandaran Kite Exhibition ini, tetapi dari 11 kabupaten/kota sepriangan ti­mur pun hadir dalam gelar pa­meran pembangunan Expo 2014 yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Wilayah IV Provinsi Jawa Barat.

Di sela-sela hadiri kegiatan, Kapala Bakorwil IV Provinsi Jabar H. Kusmayadi mengata­kan, pameran pembangunan bidang Perindagkop dan UM­KM ini merupakan program pemerintah Provinsi Jawa Ba­rat tentang tematik kewilayah­an atau kekhasan suatu wilayah termasuk di wilayah Priangan. "Kewilayahan IV ini meliputi Kabupaten Bandung, Kota Banjar, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung Barat, Kota dan Kabupaten Tasikma­laya, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut dan Kota Cimahi," ujar Kusmayadi. 


Dikatakan Dia, adapun pro­gram tematik untuk Jawa Barat untuk tahun ini yang ditunjuk adalah kepariwisataan yang bertempat di Kabupaten Pa­ngandaran. "Dari 11 Kabupaten/kota di wilayah Priangan, akan me­nyukseskan Pangandaran sebagai suatu destinasi wisata yang maju dengan didukung oleh 11 kabupaten/kota terse­but untuk menjual, membuat dan mempromosikan produk-produk kreatif setempat,"ujarnya.
Pangandaran yang merupa­kan Daerah Otonom Baru juga dikatakan Kusmayadi sudah  mulai berkiprah di dalam me­majukan okonomi kreatif ini dengan berbagai produk kreasinya."Pameran pembangunan ini disatukan dengan acara gelar pesta layang-layang yang ke-25 yang merupakan tahun peraknya. Kami akan coba ikut untuk menarik pariwisata agar berkunjung ke Pangandar­an." ujarnya.

Sementara Penjabat Bupati Pangandaran H. Endjang Naffandy mengatakan, even layang-layang yang ke 25 tahun ini sekaligus untuk memajukan destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat dengan daya tar­ik bahari menjadi tujuan uta­ma. "Sebagai daerah wisata, Pa­ngandaran selayaknya mem­punyai kalender kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara berkala dan terjadwal. Seperti Kite Exhibition merupakan sa­lah satu even yang dirancang untuk dilaksanakan setiap ta­hun, dan telah dilaksanakan se­cara rutin selama 2, tahun yang dibiayai oleh APBD Pro­vinsi, APBD Kabupaten mau­pun swadaya masyarakat," pa­par Endjang. 

Dikatakan Endjang, event ini bertujuan untuk memperta­hankan keberlangsungan sebuah even bertaraf interna­sional, dengan harapan bisa mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda den­gan cipta, karya, karsa dan kre­atifitas melalui media layang­layang. "Kegiatan Kite Exhibition un­tuk tahun ini mendapat duku­ngan dari Badan Koordinasi Pemerintahan Dan Pemba­ngunan Wilayah N dalam ben­tuk gelar pameran produk ung­gulan pariwisata, perindustri­an, perdagangan, koperasi dan UMKM yang diikuti oleh 11 kabupaten dan kota lingkup BKP­P wilayah IV," ujar Endjang.

Dan Endjang pun selaku pimpinan daerah Kabupaten Pangandaran mengucapkan terima kasih kepada BKPP wi­layah IV dan Bupati serta wali Kota lingkup wilayah BKPP IV yang telah berpartisipasi dalam pameran produk unggulannya masing-masing dan pelaksana­an Pangandaran Kite Exhi­bition.

Ketua Panitia Kegiatan Kite Exhi­bition 2014 Ruli kepada Awak Media menjelaskan pesta lomba layang-layang internasional bertajuk Kite Exhi­bition 2014 diselenggarakan di lapang Katapang Doyong, semarakan dengan warna warni layang-layang dengan beraneka bentuk, ditanggung-tanggung peserta yang datang tidak dari lingkungan lokal, regional atau nasional bahkan peserta dari negara Swedia, Thailand, Malaysia dan Jepang ikut menyemarakan Kite Exhi­bition 2014.

Selain peserta yang baru gebyar pesta lomba layang-layang internasiona diikuti juga oleh para pelajar se-priangan timur. “Untuk layang-layang kategori peserta ukurannya sudah ditentukan yakni panjang dan lebar maksimal 120 cm dengan jenis layanan pangpangan dan pepetek,” kata Ruli.

Selain kegiatan Kite Exhi­bition 2014 dimeriahkan pula dengan Pameran produk unggulan dari 11 kota/ Kabupaten yang berada di wilayah Bakorwil priangan. Termasuk bakti sosial, donor darah, national coast guard oleh Balawista atraksi para offroader termasuk grand final Pangandaran Idol.

Dari pantauan Awak Media di lokasi kegiatan, para peserta terutama dari negara tetangga menampilkan layang-layang yang sangat unik berciri khas masing-masing negaranya. Sehingga, apabila cuaca dan langit Pangandaran cerah tampak semarak warna-warni dan beraneka ragam layangan menghiasi pantai Pangandaran. (tim).

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...