Wednesday, June 4, 2014

Pemohon AK1 Didominasi Lulusan SMK

Ciamis (Lawunews.Com)
Memasuki hari ketiga setelah pelulusan siswa SLTA di Kabupaten Ciamis, pemohon kartu pencari kerja atau AK 1 di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ciamis meningkat signifikan dibanding hari-hari sebelumnya.

Bahkan dari informsi yang di­himpun Awak Media, lonjakan pemo­hon AK 1 terjadi sejak satu pekan sebelum pengumuman pelulusan SMA/SMK tanggal 20 Mei, pemohon AK 1 naik 50 persen dibanding biasanya. Hari Selasa (20/5) Din­sosnakertrans mencatat ada sekitar 112 pemohon AK 1.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertans) Kabupaten Ciamis H. Wawan S Arifin melalui Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinsosnakertrans, Rudi Darmawan didampingi Kasi Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja, H Emo Suherlan men­gatakan sejak satu minggu ter­akhir rata-rata pemohon AK 1 mencapai lebih dari 100 pemo­hon. Pemohon kartu pencari kerja ini kata Emo didominasi oleh lulusan SMK.

"Kenaikan permintaan AK 1 memang sudah diprediksi jauh-jauh hari, maka dari itu kita mempersiapkan segalanya ter­masuk blanko AK 1," katanya Rabu beberapa waktu lalu di kantornya.

Menurut H. Emo pemohon AK 1 yang notabene anak SMK disebabkan karena lulusan SMK sudah direkomendasikan oleh masing-masing sekolah ke bursa perempatan kerja. "SMK rata-rata sudah beker­jasama dengan perusahaan un­tuk menyalurkan lulusannya. Sehingga tatkala selesai UN dan pengumuman kelulusan belum diumumkan tapi anak SMK sudah memohon AK 1, agar se­cepatnya bisa bekerja," ujarnya. Pihaknya mengakui pela­yanan terhadap pemohon AK 1 yaitu dari jam masuk kerja hingga waktu kerja pegawai habis.

Kita siap melayani pemohon AK 1 agar masyarakat Ciamis bisa bekerja tanpa mengang­gur," pungkasnya.

Salah seorang pemohon AK 1 Heri (18), warga lingkungan Cibitung hilir Kelurahan Kertasari Kabupaten Ciamis, menyatakan selepas pengumuman kelulusan, dirin­ya langsung membuat AK 1 karena sudah siap bekerja. "Saya sudah, ditempatkan di satu perusahaan, makanya pas­ca pelulusan saya langsung buat kartu kuning"' ujarnya. (Tim)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...