Sunday, April 21, 2013

Ir. Yohanes Hanura : Pemimpin Yang Layak Memimpin

CIMAHI.LawuNews - Membicarakan tentang kepemimpinan di Indonesia sekarang selalu menarik, sebab didalamnya banyak dinamika dan hal hal yang krusial, tidak sedikit yang hanya mementingkan segelintir orang dan hanya mengabdi kepada kelompok maupun golongan saja sehingga kepentingan bagi orang banyak terabaikan. Tetapi berbeda dengan pandangan sosok Ir.Yohanes Alumni Universitas Pasundan Bandung jurusan Tehnik dan manajemen Industri tahun 89, saat ditemui LawuNews di kediamannya.Kp Cikendal Rt/Rw 01/04. Kel.Cipageran Kec. Cimahi Utara. Pemimpin menurut Ir.Yohanes, yang Pertama, Pemimpin harus memiliki Integritas. Dengan Integritas, seorang pemimpin akan nampak jelas sifat dasarnya dan terbaca kemampuannya untuk menjadi seorang pemimpin yang tangguh.Pemimpin yang mempunyai Integritas tidak berbohong dan cenderung selalu berbicara jujur, tahu merasakan apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitarnya dan akan melakukan tindakan untuk membantu mereka." Pemimpin yang berIntegritas memiliki rasa empati dan belas kasihan," tuturnya. 

Menurutnya, Ciri - ciri pemimpin yang mempunyai Integritas yaitu memiliki Kerendahan Hati, memiliki Hati Hamba dan Memiliki karakter yang patut di Teladani. Pemimpin menurut Ir.Yohanes, yang ke Kedua Pemimpin harus mampu melihat Kedepan. Pemimpin tidak hanya mampu memimpin saat ini saja tetapi harus mampu melihat jauh kedepan, dengan begitu dimasa depan mereka akan menghasilkan sesuatu yang maksimal untuk kepentingan orang banyak bukan untuk kepentingan pribadi.Kepemimpinan menurut Ir.Yohanes yang ke Tiga, Pemimpin Harus memiliki Ketrampilan dan Keahlian yang memadai.Karena Pemimpin selalu dianggap lebih hebat dari orang lain bahkan selalu dituntut lebih sempurna dari pada yang lain dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu. Dalam hal ini pemimpin yang baik harus mampu menunjukkan pengaruh kearah yang lebih baik dari kemarin dan mampu memberi motivasi kepada orang lain ketika orang mengalami kesulitan. Dan yang tidak kalah pentingnya Pemimpin harus mampu memberi perlindungan, rasa aman, rasa nyaman dan mampu menghasilkan sesuatu demi kepentingan dan kemakmuran orang banyak. Diakuinya, Selain ketiga persyaratan yang diatas tersebut masih banyak lagi persyaratan-persyaratan yang harus di miliki oleh para pemimpin kita. 

Dan ketiga persyaratan yang di atas masih persyaratan yang biasa bagi para pemimpin, tetapi meskipun tergolong biasa tetap tidak bisa di tinggalkan dan harus dimiliki bagi para pemimpin. Pemimpin sekarang hal tersebut diatas di anggap sudah tidak relevan lagi, padahal ketiganya itu harus di miliki untuk mengabdi kepada masyarakat. Maka dari itu melihat permasalahan-permasalahan yang sampai sekarang belum bisa terselesaikan hingga sekarang dan berbagai kebijakan para pemimpin belum terasa di masyarakat karena para wakil rakyat sudah lari dari ketiga syarat menjadi pemimpin yang baik. 

Ir.Yohanes menyadari kalau mengabdi dan melayani masyarakat itu salah satu perbuatan Ibadah kepada Allah SWT maka kalau Allah menghendaki, dirinya siap akan maju dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang. Ir.Yohanes akan maju menjadi anggota DPRD Kota Cimahi dengan mengendarai Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA). "Dengan niat yang tulus Insya Allah saya maju menjadi abdi rakyat lewat Pileg 2014 nanti, mohon do'a restu dan dukungannya, semoga niat yang tulus ini menjadi maslahat bagi orang banyak khususnya masyarakat kota Cimahi," tuturnya. Dikatakan, keseriusannya terjun kedunia politik melalui Pileg karena dilatar belakangi perasaan yang selama ini mengganjal dalam pikirinya, yaitu apa yang dilihat selama ini dari segi profesinya sebagai Jurnalis masih banyak kebijakan dan keputusan para elit yang belum bisa berjalan secara maksimal dirasakan bagi rakyat kecil. "Sehingga rakyat kecil yang terus menerus yang menjadi korbannya," Tuturnya.(Yudi/Rega)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...