Monday, September 30, 2013

Calon Jemaah Haji Kloter Pertama

   Asal Kabupaten Ciamis dan Pangandaran Diberangkatkan 
CIAMIS.(LawuNews.com)
  Calon Jemaah Haji Kabupaten Ciamis dan Pangandaran yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 31 Jakarta Bekasi (JKS) diberangkatkan Senin (23/9). Mereka akan diterbangkan melalui Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (24/9).Rombongan calhaj dengan jumlah 444 di lepas oleh Bupati Ciamis H Engkon Komara dari Gedung Islamic Centre Ciamis sekitar pukul 14.00. Jemaah haji yang tergabung dalam kloter 31 tersebut tidak hanya dari wilayah Kabupaten Ciamis saja, tetapi juga calon jemaah haji asal Kabupaten Pangandaran. Pelepasan Calhaj asal Kabupaten Pangandaran dilepas dua kali. Pertama mereka dilepas oleh Penjabat Bupati Pangandaran di Stasiun Terminal Agro Parigi dan Mesjid Agung Kecamatan Pangandaran oleh Camat Pangandaran Senin Pagi. 
    Dan juga dilepas oleh Bupati Ciamis di Gedung Islamic Centre Ciamis siang harinya. Jumlah jemaah haji asal Kabupaten Pangandaran tersebut sebanyak 161 jemaah bergabung dengan jemaah asal Kabupaten Ciamis hingga total yang berangkat sebanyak 444 jemaah. Bupati Ciamis H Engkon Komara dalam sambutannya berpesan kepada para jamaah haji untuk menjaga kesehatan. Sehingga jemaah bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan khusyu. "Hemat tenaga agar tidak terjadi apa-apa, dan ingat harus jaga kesehatan," ungkapnya.Sedangkan Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran, Endjang Naffandy mengharapkan semua jemaah haji bisa selamat sampai tujuan dan pulang menjadi haji yang mabrur dan makbul. "Semoga di sana (Mekah) semua jemaah dalam keadaan sehat walafiat dan bisa kembali ke Pangandaran dengan mabrur," katanya. Kepala Seksi Haji dan Umroh, Kementrian Agama Kabupaten Ciamis H. Asep Lukmanul Hakim menuturkan pemberangkatan calon jamaah haji di Ciamis dibagi ke dalam tiga tahap. 
   Tahap pertama untuk kloter 31 tangga1 23 September, kloter 48 pada 30 September dan kloter 54 tanggal 1 Oktober. "Untuk kloter 31 diberangkatkan Senin siang dan masuk asrama haji di Bekasi sekitar pukul 21.00. Lalu ke bandara pada hari Selasa pukul 18.00 kemudian terbang jam 21.00. "Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pemberangkatan," katanya. Ketua Koordinator Kementrian Agama DOB Kabupaten Pangandaran Drs Wawan MM mengatakan, untuk pemberangkatan calon jemaah haji asal Pangandaran dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dari Kecamatan Cimerak, Cijulang, Cigugur berkumpul di satu tempat yaitu di STA Parigi lalu menjemput calon jemaah haji yang ada di Mesjid Agung Pangandaran dan berkumpul di Gedung Dakwah Padaherang. Pantauan MB saat pemberangkatan, keluarga dan kerabat calon jamaah haji yang ikut mengantar terlihat haru melihat calon jamaah haji masuk bus. Isak tangis mewarnai pemberangkatan para calon jemaah haji baik mulai dari rumah atau pun sudah di kendaraan saat dilepas Bupati Ciamis dan penjabat Bupati Pangandaran. 
   Keberangkatan para calon jemaah haji Pangandaran diwarnai dengan isak tangis para kerabat dan tetangga yang hendak mengantar sampai ke gedung Islamic Centre kabupaten Ciamis. Islamic Centre ditetapkan sebagai pusat keberangkatan calon jemaah haji menuju ke tempat penampungan di kota Bekasi Jawa Barat. Kemudian jemaah akan diberangkatkan pada hari Selasa lewat bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng. (Mamay/Dian/Red)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...