Tuesday, November 26, 2013

Walikota Cimahi Atty Suharti Pimpin Langsung Penanaman Pohon

Cimahi (Lawunews.Com)
    Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tanggal 28 November dan Bulan Menanam Nasional (BMN) bulan Desember yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2008.Pemerintah Kota Cimahi beberapa hari yang lalu memperingati Hari Menanam Pohon tingkat Kota Cimahi 2013 yang dilaksanakan di lereng bukit kawasan Cimenteng Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi.Acara penanaman pohon tersebut pemerintah Kota Cimahi melibatkan berbagai unsur pemangku kebijakan terutama unsur TNI-Polri, BUMN-BUMD, swasta, organisasi, serta masyarakat.Dalam kesempatan tersebut Walikota Cimahi Atty Suharti mengatakan, selama kurun waktu setahun terakhir di Kota Cimahi sudah ditanam sekitar 27.000 batang pohon. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud gerakan penghijauan di kawasan hutan kota tahun 2013.
Menurut Walikota, Kalangan sekolah melalui siswa baru sudah mulai diajarkan menanam pohon. Tidak hanya para pelajar ,Pasangan pengantin pun diharap berkontribusi pada aksi penghijauan dengan menyumbang dan menanam pohon keras sebagai persyaratan mengurus administrasi perkawinan di KUA."Cimahi ditarget 2 juta pohon maka dari itu, Perlu upaya bertahap yang melibatkan semua pihak untuk menghijaukan Kota Cimahi," terangnya. Selain berguna untuk penghijauan Kota Cimahi penanaman pohon bertujuan juga untuk Penyelamat lingkungan hidup dari ancaman banjir, tanah longsor, kekeringan dan perubahan iklim, Penyedia kebutuhan hasil hutan kayu dan non kayu, sumber pangan, energi, obat-obatan, Penyedia jasa lingkungan berupa air, oksigen, wisata alam Pelestari keanekaragaman hayati flora dan fauna dan masih banyak lagi manfaat penanaman pohon.Masih menurut Walikota,Pada 21 November, dunia memperingati sebagai Hari Pohon Internasional. Pada saat ini,pemerintah Kota Cimahi juga meilakukan berbagai aksi untuk pelestarian pohon untuk menyelamatkan alam. Bulan November juga dijadikan sebagai Bulan Menanam Pohon di Indonesia.Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Cimahi Untung Undiyanto. "Tentu, bukan sekedar menanam tapi memeliharanya agar tetap tumbuh," katanya. Sebagai upaya pemeliharaan pohon, KLH Kota Cimahi melakukan perawatan pohon peneduh dengan cara mencabuti spanduk dan pamflet yang dipaku dipohon. Juga dilakukan pengecatan pohon dari semula berwarna hitam putih menjadi kuning-hijau. (NF/Rega)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...