Wednesday, March 26, 2014

Sosialisasi Penerimaan Calon Brigadir POLRI Tahun Anggaran 2014

Polda Jabar (Lawunews.Com)
Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Polda Jabar memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia Pria/Wanita untuk dididik menjadi Calon Brigadir Polri Tahun Anggaran 2014. Kuota nasional sebanyak 10.750 untuk Brigadir Pria dan 7.000 untuk Brigadir Wanita. 

Kuota untuk Polda Jabar sekitar 658 orang untuk Brigadir Wanita, sementara kuota untuk Brigadir Pria belum ditentukan. Waktu pelaksanaan pendaftaran masih menunggu  surat dari Panitia Pusat Mabes Polri, sedangkan rencana pembukaan pendidikan pada tanggal 3 Juni 2014. Proses penerimaan dengan prinsip “BETAH” yakni: Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis serta tidak dipungut biaya (gratis).

Persyaratan umumnya yang harus disiapkan calon pendaftar adalah sebagai berikut : 

1.   Warga Negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
2. 
  Setia kepada Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
3.   Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Polres setempat.
4.
   Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
5.   Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres/tabes).
6.   Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
7.   Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian.

          Sementara persyaratan lainnya, adalah sebagai berikut :

1.   Berijazah serendah-rendahnya SMU/Sederajat dengan ketentuan menggunakan Surat Tanda Kelulusan dengan kriteria “Lulus”, nilai akhir dengan nilai rata-rata minimal 6,0 (enam koma nol), bagi yang belum lulus SMA/Sederajat (Kelas XII) menggunakan nilai raport semester I kelas XII dengan rata-rata nilai minimal 6,0 (enam koma nol), apabila sudah mendapatkan Hasil Nilai Akhir yang akan dipergunakan adalah Nilai Akhir.

2.   Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Brigadir Polri T.A. 2014  minimal 17 tahun 5 bulan dan maksimal 22 tahun.

3.   Tinggi badan minimal Pria 163 cm dan bagi wanita minimal 155 cm dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

4.
   Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Brigadir Polisi ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus dan dilantik dengan menggunakan atribut pangkat Bripda, bersedia menjalani ikatan dinas Pertama (IDP) minimal 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Brigadir Dua Polisi.

5.   Memperolah persetujuan dari orang tua/wali, tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain.
6.   Telah berdomisili di wilayah Polda Jawa Barat minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga atau ijazah/STTB/rapor.

Pada saat pendaftaran calon datang sendiri ke tempat pendaftaran (tidak boleh diwakilkan oleh siapun juga) dengan membawa dokumen asli dan membawa masing-masing 1  lembar foto copy yang telah dilegalisir, terdiri dari : bukti pendaftaran online,  ijazah/STTB SD, SMP, SMU/Sederajat  (foto copi dilegalisir oleh  Diknas Kabupaten/Kota setempat atau sekolah), buku rapor SD, SMP, SMA/Sederajat (foto copi dilegalisir sekolah masing-masing), daftar nilai HUAN foto copi dilegalisir Diknas Kab/Kota setempat atau sekolah), Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (foto copi dilegalisir Dinas Kependudukan setempat), Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres/tabes (foto copi dilegalisir Polres/tabes yang menerbitkan), Surat Keterangan Sehat dari institusi kesehatan di luar Polri seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum (foto copi dilegalisir instansi yang menerbitkan), KTP atas nama pendaftar (yang telah berdomisili di wilayah hukum Polda Jabar minimal 1 tahun, dan foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat), KTP orang tua /wali (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat), Kartu Keluarga (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat), pas photo ukuran 4x6 sebanyak 20 lembar, pas photo close up setengah badan menghadap ke depan ukuran  post card/3 R latar belakang warna kuning sebanyak 2 lembar. Seluruh berkas tersebut dimasukan ke dalam map terpisah, yaitu satu map untuk berkas dukumen asli  serta satu map untuk berkas foto copi.

Registrasi secara online melalui internet di website www.penerimaan.polri.go.id. Tempat pendaftaran dan verifikasi di seluruh Polres/Tabes jajaran Polda Jabar. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Panitia Daerah Polda Jabar di Subbag Diapers Bag Dalpers Biro SDM Polda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung Telp. (022) 7811386/7800011/7800012 dan fax (022) 7811386 atau Polres/Tabes yang terdekat serta di website http://diaperspoldajabar.net. Pengaduan penerimaan Brigadir Polri Tahun Anggaran 2014 ke (022) 7811386 atau handphone 08818275970. (Bid Humas Polda Jabar/Bastian)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...