Saturday, May 31, 2014

50 Orang Siswa/i SMA/SMK di Kab. Simalungun Ikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik Televisi

Simalungun (Lawunews.Com)
Sebanyak 50 orang siswa/i SMA/SMK di Kabupaten Simalungun mengikuti pelatihan dasar jurnalistik televisi, yang dilaksanakan oleh organisasi Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Kabupaten Simalungun, bertempat di Simalungun City Hotel Pamatang Raya, Sabtu 31/05/2014.

Pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari penuh itu, secara resmi di buka oleh Bupati Simalungun DR Jopinus Ramli (JR) Saragih SH MM diwakili oleh Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Mixnon Andreas Simamora SIP didampigi oleh Kadis
Pendidikan diwakili Kabid Dikmen Dra Anita. Pembukaan pelatihan tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolik kepada tiga orang perwakilan peserta.

Ketua IJTI Prov Sumut, Edi Irawan dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan program rutin bagi pengurus IJTI Sumut
dan Simalungun serta sudah yang ketiga dilaksanakan, dimana sebelumnya dilaksanakan di Medan dan Asahan serta menyusul dalam waktu dekat hal yang sama juga akan dilaksanakan di Dairi dan Pakpak Barat.

Menurutnya, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pemahanam dan teknik dasar jusnalistik serta mengajak perserta untuk masuk
kedalam pembuatan sebuah berita sekaligus untuk memberikan pengetahuan tentang aktifitas jurnalis televisi dalam pembuatan berita yang dapat disajikan dalam waktu sekitar satu setengah menit.

“Yang selama ini kita hanya melihat berita dari televise saja. Namun dalam kegiatan ini perserta akan kita ajak terjun langsung bagaimana menyajikan sebuat berita yang baik dan benar termasuk tentang hal-hal apa saja yang dihadapi seorang jurnalis dalam membuat sebuah berita,”kata Edi sembari menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun yang telah memberikan dukungan atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Bupati Simalungun dalam sambutan yang dibacakan oleh Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Mixnon Andreas Simamora SIP mengatakan, dalam perkembangannya system informasi dan komunikasi di Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa terutama pada sepuluh tahun terakhir.

Dikatakan, Informasi dan komunikasi saat ini bukan hanya sekedar kebutuhan, namun telah berevolusi menjadi sebuah industri yang dapat memberikan keuntungan yang besar, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah perusahaan memiliki sector informasi dan komunikasi sebagai sector yang menggiurkan. Perkembangan teknologi informasi yang cepat dan tetap memberikan kepada kita untuk mengetahui dan mneganalisa tentang perkembangan yang terjadi diseluruh pelosok belahan bumi.

“Kami menyambut baik pelaksanaan pelatihan jurnalitik kepada pasa siswa/i SMA/SMK di daerah ini oleh organisasi IJTI yang merupakan organisasi yang memiliki kredibilitas yang baik dalam melaksanakan tugasnya. Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan penerangan dan pencerahan kepada pelajar yang ingin menekuni dan mendalami bidang jurnalistik. Karena peran jurnalis sangat besar dalam pembangunan bangsa dan negara, karena jurnalis bertugas mengemas informasi dengan baik dan benar sebelum sampai kepada masyarakat untuk memberikan semangat dalam membangun bangsa dan Negara ini,”kata Bupati dalam sambutan itu.

Kepada para peserta Bupati berharap untuk memanfaatkan kegiatan ini. “Gunakan kesempatan ini dengan baik dan jadikan sebagai sarana untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan khususnya di dunia jurnalistik,”ujar Bupati mengakhiri.

 Sebelumnya Ketua Panitia Syahru Silitonga dalam laporannya antara lain menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan dasar jurnalis Televisi kepada para pelajar adalah untuk memberikan pemahaman tentang jurnalis, sehingga kedepan diharapkan para peserta yang ingin menjadi jurnalis dapat menjadi jurnalis yang handal dan frofesional.

 Materi yang disajikan kepada peserta adalah teknik pengambilan gambar oleh Suheri Sasmita (IJTI Sumut), etika jurnalistik oleh Tigor Munthe (AJI Simalungun), Teknik penulisan naskah oleh Darma Setiawan (IJTI Simalungun). Acara tersebut juga dihadiri dari pengurus PWI Simalungun, Ketua IJTI Simalungun dan para wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik.(Parulian Dolok Saribu)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...