Thursday, May 29, 2014

Pemkab Simalungun Berikan Pembekalan Pemantapan Pelatihan Kepada Peserta Penas KTNA ke-14 Untuk Diberangkatkan ke Kab. Malang

Simalungun (Lawunews.Com)
Dalam pelaksanaan kegiatan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-14 tahun 2014, Kabupaten Simalungun mengirimkan peserta sebagai utusannya untuk mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur pada tanggal 7 s/d 12 Juni 2014 mendatang.
 
Sebelum diberangkatkan, para peserta yang berjumlah 150 orang diberikan pembekalan terutama pemantapan pelatihan di berbagai bidang kegiatan khususnya di bidang pertanian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun lingkup pertanian yang dipusatkan di kantor BP4KP, sehingga diharapkan pada kegiatan Penas KTNA mendatang peserta dari kabupaten Simalungun dapat mengikuti berbagai kegiatan selama Penas berlangsung.
 
Bupati Simalungun DR Jopinus Ramli (JR) Saragih SH MM, didampingi Sekda, Asisten perekonomian pembanguan, Kadis Pertanian, Kadis Pekebunan, kepala BP4KP, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Air serta Ketua KTNA Simalungun, Rabu 28/05/2014, bertempat di balei Harungguan Djabanten Damanik Pamatang Raya, memberikan bimbingan dan arahan kepada para peserta Penas KTNA asal Kabupaten Simalungun.
 
Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati mengatakan bahwa, Pemkab Simalungun menyambut baik pelaksanaan Penas KTNA yang dilaksanakan di Kabupaten Malang. Oleh karena itu, kepada seluruh peserta diharapkan agar tidak hanya mengikuti kagiatan penas saja, akan tetapi melalui kegiatan Penas dapat dijadikan sebagai ajang untuk menggali ilmu pengetahuan dan meningkatkan wawasan khususnya dibidang pertanian, sehingga nantinya dapat diterapkan di Kabupaten Simalungun. Apalagi Kabupaten Malang suasananya tidak jauh beda dengan Kabupaten Simalungun baik kondisi iklim, masyarakat maupun potensi daeranya.
 
Kepada KTNA Bupati mengaharapkan untuk lebih meningkatkan kinerja sehingga keberadaan KTNA ditengah-tengah masyarakat dapat lebih bermanfaat. “Dalam menyukseskan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, KTNA memiliki peran yang strategis membantu pemerintah dalam menajukan pertanian di Kabupaten Simalungun,”kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati mengajak KTNA untuk bergabung dengan Pemkab Simalungun membuat percontohan pertanian di daerah ini, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dikembangkan dilahan pertaniannya. “Artinya, contoh-contoh pertanian seperti bibit palawija, cabai, jagung, jeruk dan sebagainya sehingga masyarakat petani tidak harus membeli bibit untuk lahan pertaniannya. Ini yang saya harapkan dari KTNA,”ujarnya.

Terkait dengan contoh pertanian, Bupati mengatakan akan memanfaatkan lahan yang berada di Kecamatan Tapian Dolok. 100 hektar akan diserahkan kepada KTNA untuk digunakan membuat percontohan pertanian. “Kita akan hibahkan dana sebesar Rp. 2 milyar di anggaran 2015 mendatang yang dikelola langsung oleh KTNA untuk mengembangkan pertanian di daerah ini,”tandas Bupati.

Diharapkan dari contoh pertanian tersebut akan menciptakan bibit-bibit unggul yang dibutuhkan masyarakat. Untuk itu marilah kita saling bersinergi dalam membangun dan menyukseskan pertanian di Kabupaten Simalungun.
 
Sebelumnya, Ketua KTNA Kabupaten Simalungun, Darwis Sipayung sekaligus sebagai ketua Tim peserta Penas KTNA ke-14 Kabupaten Simalungun dalam laporannya mengatakan bahwa, pelaksanaan Penas KTNA di Kabupaten Malang Prov Jatim akan berlangsung mulai 7 s/d 12 Juni 2014, yang bertemakan “Kita mantabkan kepemimpinan dan kemandirian Kontak Tani Nelayan Andalan”.
 
Dalam laporan itu, Darwis menjelaskan bahwa Penas KTNA untuk tahun 2014 ini merupakan ajang berkumpul dan bersilahturrahmi para KTNA se-Indonesia untuk saling memperlihatkan pencapaian pelaku utama pembangunan pertanian terutama dibidang pertanian, perkebunan dan kehutanan.
 
Menurut Darwis, kontingan Simalungun yang akan berangkat ke Kabupaten Malang tergabung dalam satu tim yang berjumlah 150 orang peserta, antara lain terdiri dari pengurus KTNA terpadu dari kecamatan, pemuda tani, gabungan kelompok tani, petani berprestasi, kelompok tani berprestasi, pendamping dan peninjau. 

Dilaporkan bahwa, sebelum berangkat untuk mengikuti Penas, para peserta telah menerima pemantapan pelatihan berbagai kegiatan di kantor BP4KP. “Dari hasil rapat koordinasi yang di panitia penas Provinsi Sumatera utara bahwa perserta dari Kabupaten Simalungun diharapkan untuk banyak mengambil peran berbagai kegiatan di Penas Kabupaten Malang. Disamping itu, kita dari Simalungun merasa bangga, karena Mars KTNA se-Indonesia penciptanya dari Simalungun, yang nantinya akan menerima penghargaan pada kegaiatan Penas,”kata Darwis.(Parulian Doloksaribu)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...