Monday, July 28, 2014

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1435 H/2014 M Pemkab Dan PHBI Simalungun Melaksanakan Takbiran Keliling

Simalungun (Lawunews.Com)
Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1435 H/2014 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Simalungun melaksanakan takbiran keliling, yang dilepas secara langsung oleh Bupati diwakili Kadis Perkebunan Ir Amran Sinaga MSi dari Lapangan Yayasan UISU Pematangsiantar, Minggu malam 27/07/2014. Pelepasan peserta takbiran yang diikuti sekitar 300 orang jamaah dari 16 mesjid dengan menggunakan kenderaan roda 4 sebanyak 20 unit tersebut ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati, Katua PHBI (Wakil Bupati) Hj Nuriyati Damanik SH dan Kapolres AKBP Andi Syahriful Taupik SIK MSi.

Raoute perjalanan takbiran keliling tersebut diawali (start) dari Yayasan UISU menuju Perumnas Batu 6 lanjut ke Laras 2, Karang Anyer, Karang Rejo, Karang Sari, jalan Medan, simpang Ranbung Merah dan finish di Yayasan UISU. Selama
melaksanakan takbiran keliling dengan menempuh jarak sekitar 15 KM, peserta takbiran dipandu oleh Polreiders dari Polres Simalungun dan Dinas Perhubungan serta didampingi langsung oleh Kapolres Simalungun dan dari Dinas Kesehatan. Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ir Amran Sinaga MSi mengatakan bahwa, Takbiran yang dilaksanakan oleh Pemkab bersama PHBI Simalungun merupakan salah satu bentuk syi’ar agama dan sebagai bentuk penghambaan dan pengagungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan Bijaksana.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa, selama bulan Ramadhan tahun 2014 Pemkab Simalungun telah melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dengan masyarakat di depalan lokasi dan berjalan dengan baik. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan hubungan silahturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat sekaligus untuk menciptakan keharmonisan hubungan emosional dan komunikasi antara pemimpin dengan rakyatnya dan rakyat dengan pemimpinnya demi pembangunan Kabupaten Simalungun yang lebih baik.

Disamping itu, Pemkab Simalungun juga melakukan safari Ramadhan ke 30 Kecamatan dengan mengunjungi 66 mesjid selama 5 hari dengan 15 tim safari. “Dari perjalan kita selama ini, baik pada bulan Ramadhan dan pada hari selanjutnya, saya tetap bersama dengan bapak dan ibu, karena hal apapun perubahan yang kita lakukan tanpa dukungan penuh dari masyarakat sulit kita capai. Mari kita berdo’a bersama-sama agar kita keseluruhan diberi kesehatan dan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dalam peningkatan pelaksanaan pembangunan di Tanoh Habonaron Do Bona yang kita cintai ini,”kata Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat, dimana selama pelaksanaan ibadah puasa di Kabupaten Simalungun berjalan dengan baik, terpelihara kerukunan ummat bergama sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar pemeluk agama dan kelompok agama-agama yang lain yang merupakan syarat mutlak bagi terpeliharanya kerukunan dan ketahanan, sehingga pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden (Wapres) pada 9 Juli 2014 lalu dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Simalungun. Kepada seluruh peserta takbiran diharapkan untuk tetap menjaga situasi yang kondusif, ikuti semua peraturan yang telah ditetapkan, sehingga pelaksanaan takbiran berjalan dengan baik. “Atas nama keluarga DR JR Saragih saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, mohon maaf lahir dan bathin, semoga amal ibadah Bapak dan Ibu selama bulan Ramadhan ini di terima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,”ungkap Bupati mengakhiri sambutan tertulisnya.

Sebelumnya Ketua PHBI Kabupaten Simalungun Hj Nuriyati Damanik SH dalam sambutannya mengharapkan kepada para peserta dalam melaksanakan tabiran untuk menciptakan suasana yang sejuk dan damai serta menjaga kerukunan antar umat bergama, karena pelaksanaan takbiran bukan semata-mata untuk eforia tapi kita menjunjung dan mengagungkan asma Allah SWT. “Selama sebulan kita melaksanakan Ibadah Puasa dan bagi orang-orang yang betul-betul didasari dengan keimanan dalam melaksanakan ibadah pada hari ini mencapai suatu kemenangan dan besok kita melaksanakan 1 Syawal 1435 H dan Hari Raya Idul Fitri 2014 M. Selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan Bathin,”ujarnya.

Sementara kapolres Simalungun AKBP Andi Syahriful Taupik SIK MSi dalam sambutannya antara lain mengharapkan kepada peserta takbiran agar mengikutinya dengan baik dan menjaga aspek keselamatan dan ketertiban. “Saya juga akan mengikuti takbiran ini bersama dengan peserta,”katanya. Ketua panitia takbiran Drs Zunaidi Sitorus dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan Shalat Ied Idul Fitri tahun 1435 H/2014 M Pemkan Simalungun dipusatkan di Mesjid Asy Syuhada Makorem 022 PT dengan imam/khotib adalah H Rahmadi Arif Sitio Lc. Peserta takbiran berasal dari 16 mesjid sekitar kecamatan siantar.

Turut memberikan sambutan, ketua DPRD diwakili H Sulaiman Sinaga. Tampak hadir dalam kesempatan itu, Wakapolres Simalungun Kompol Calvin Simanjuntak, mewakili Dandim 0207 Simalungun Mayor Inf Sumaryoko, Kadis Perikanan dan Peternakan Jarinsen Saragih, Kepala BPMPN Lurinim Purba SSos MSi, Ketua MUI H Abdul Halim Lubis LC SHI, Ketua Majelis Zikir Tazkirah H Burhan Saragih SH, pengurus BKPRMI, ormas Islam dan para KUA se Kabupaten Simalungun
.(Parulian Dolok Saribu)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...