Monday, September 29, 2014

SMPN 1 Lembang Juara 1 Tata Kelola Dana BOS Tingkat Provinsi Jawa Barat

Ngamprah (Lawunews.Com)
SMPN 1 Lembang menjadi juara pertama Lomba Tata Kelola Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2014. Penetapan SMPN 1 Lembang sebagai juara pertama, tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Nomor 421.6/13692-Set.Disdik, Tanggal 3 September 2014, tentang Penetapan Lomba Tata Kelola BOS SD dan SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2014. Dengan demikian, SMP Negeri 1 Lembang berhak mewakili Provinsi Jawa Barat pada Lomba Tata Kelola BOS SMP tingkat nasional Tahun 2014 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Keberhasilan SMPN 1 Lembang ini patut dibanggakan karena dapat menyisihkan sekolah lain yang menjadi perwakilan kabupaten/kota di Jawa Barat. Urutan lengkap peringkat lomba ini, yaitu: 1) SMPN 1 Lembang, dengan nilai 78.80; 2) SMPN 3 Majalengka, dengan nilai 76,20; 3) SMPN 4 Kota Tasikmalaya, dengan nilai 72,00; 4) SMPN 1 Kota Bogor, dengan nilai 71,40; 5) SMPN 1 Kota Bekasi, dengan nilai 70,00. Penilaian dilakukan oleh tim penilai dari Disdik Provinsi Jawa Barat terhadap berbagai langkah dan kebijakan yang diterapkan sekolah dalam pengelolaan dana BOS.

Pencapaian prestasi yang diraih ini patut mendapat apresiasi, karena pada Lomba Tata Kelola BOS yang baru pertama kali diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini, SMPN 1 Lembang telah dapat menunjukkan diri sebagai sekolah terbaik dalam pengelolaan dana BOS. Keberhasilan SMPN 1 Lembang ini sebagai indikator bahwa pengelolaan BOS di Kabupaten Bandung Barat sudah relatif baik, sesuai dengan regulasi yang berlaku. “Ini adalah kado terakhir yang diberikan oleh kepala sekolah, Drs. H. Wawan Kuswandi, M.Pd. pada masa akhir pengabdiannya di sekolah ini.” tutur Asep Gumilar, Kaur TU SMPN 1 Lembang. Beberapa waktu yang lalu Drs. H. Wawan Kuswandi, M.Pd. telah dilantik, menjadi kepala SMPN 3 Lembang. “Prestasi yang diraih ini tidak terlepas dari intensitas pembinaan yang dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, di bawah kepemimpinan Dra. Hj. Agustina Piryanti, MM. Karena itu, kami sampaikan terima kasih atas support yang telah diberikan.” lanjut Asep Gumilar yang biasa dipanggil Asgum itu.

Raihan prestasi SMPN 1 Lembang ini harus menjadi pendorong bagi sekolah lainnya di Kabupaten Bandung Barat untuk terus memperbaiki diri dalam tata kelola BOS. Dengan demikian, sekolah di Kabupaten Bandung Barat tidak harus melakukan study banding pengelolaan dana BOS ke daerah lain. Selain itu, prestasi ini bisa dijadikan acuan bagi sekolah lain, terkait dengan tata kelola dan BOS. “Kami mohon do’a restu agar dalam berlaga pada tingkat nasional nanti, SMPN 1 Lembang dapat mempersembahkan prestasi terbaik, sehingga dapat mengangkat nama baik Kabupaten Bandung Barat”. Tutur Asgum, mengakhiri penjelasannya. (Disdikpora/Di)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...