Friday, February 27, 2015

Kasum TNI buka Rakorset TNI 2015

Puspen TNI (LawuNews)
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsdya TNI Dede Rusamsi, S.E., M.M membuka Rapat Koordinasi Kesekretariatan (Rakorset) TNI 2015 di Aula Gedung Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Kamis (26/2/2015).  Rakorset ini merupakan forum yang tepat untuk mengevaluasi program kerja tahun anggaran yang lalu, sekaligus dalam upaya mencari dan menemukan inovasi baru sebagai upaya tercapainya kelancaran pelaksanaan tugas di bidang kesekretariatan.

Kasum TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Rakorset TNI yang mengambil tema Melalui Rakorset TNI Kita Mantapkan Profesionalitas Dan Tertib Administrasi Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI, diharapkan tidak hanya menjadi slogan semata, tetapi lebih dari itu, dapat menjadi refleksi atau pancaran dari niat, tekad dan semangat serta landasan motivasi seluruh komunitas kesekretariatan, untuk lebih meningkatkan sinergisitas kinerjanya guna pencapaian tujuan, sehingga penyelarasan upaya dan daya secara maksimal diharapkan  akan menghasilkan output yang optimal. Persamaan persepsi pada semua level penyelenggara kesekretariatan, diharapkan dapat lebih fokus dalam mendukung tugas pokok TNI secara keseluruhan”, katanya.

Mengacu pada kebijakan pengembangan kemampuan, pengawasan dan tertib administrasi, kepada jajaran komunitas kesekretariatan untuk lebih memaksimalkan potensi dan kinerja di satuan masing-masing agar mampu memberikan kontribusi yang maksimal  didalam mendukung tugas-tugas pimpinan”, tekan Kasum TNI.

Lebih lanjut Marsdya TNI Dede Rusamsi mengatakan, setiap langkah kegiatan hendaknya disertai dengan database yang lengkap dalam rangka mengukur, mengetahui dan memantau setiap kemajuan yang telah dicapai.  Dengan demikian kegiatan akan lebih fokus dan terukur guna tercapainya tujuan yang diharapkan. Selain itu, database juga dapat dijadikan bahan pertanggungjawaban administrasi, sekaligus sebagai catatan prestasi satuan.  “Pembinaan bidang kesekretariatan memiliki peran penting dalam suatu organisasi guna mendukung tugas pokok TNI yang profesional, apabila didalam penyelenggaraan administrasi dilakukan dengan tertib dan sistematis serta mengikuti aturan yang berlaku”, kata Kasum TNI.

Kasum TNI juga mengingatkan bahwa, dalam menghadapi tugas yang akan datang, kepada setiap pejabat kesekretariatan dituntut untuk lebih menguasai dan memahami berbagai peraturan dan kebijakan pimpinan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pembinaan kesekretariatan, sehingga efektifitas dan efisiensi“Setiap pejabat kesekretariatan didalam melaksanakan tugasnya harus konsisten dan memegang teguh norma/ ketentuan-ketentuan yang berlaku” tegas Marsdya TNI Dede Rusamsi.

Sementara itu, Kepala Sekretaris Umum (Kasetum) TNI Brigjen TNI Drs. Hasan Saleh, S.IP dalam pembekalannya menyampaikan bahwa Rakorset TNI diikuti 103 peserta, terdiri dari Mabes TNI 40 peserta, TNI AD 21 peserta, TNI AL 20 peserta, TNI AU 15 peserta dan 7 orang sebagai peninjau.  Adapun tujuan adalah secara sinergi dan sinkronisasi sesuai dengan fungsi kesekretariatan tentang surat dinas, tata naskah, kearsipan serta tata tempat dan undangan rapat dengan sasaran adalah terwujudnya keseragaman dalam pengaturan dan penggunaan tata tulis dan tata naskah dinas, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pengelolaan arsip serta tercapainya komunikasi yang efektif & efisien dalam penyelenggaraan Administrasi Umum di lingkungan TNI.

Materi Rakorset TNI tahun 2015 meliputi, Pembekalan Bahasa Indonesia dari Kementerian Pendidikan Nasional disampaikan oleh Dra. Yeyen Maryani, M.Hum, Pembekalan Pengelolaan Arsip dari Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI disampaikan oleh Dr. Andi Kasman S.E, MM, dan Pencerahan motivasi meningkatkan kerja disampaikan oleh Marsma TNI (Purn) Drs. H. Herry Hermawan A. S.Psi, M.M. serta paparan dari Kasetum Angkatan.
  
Authentikasi :
Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bernardus Robert

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...