Thursday, April 25, 2013

Sektor Peternakan Berperan Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat

CISARUA-LawuNews-Bupati Bandung Barat, H. Abubakar menegaskan bahwa selain sector pertanian dan jasa, sector peternakan di Kabupaten Bandung Barat juga memiliki peranan penting dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat, karena sebagian besar masyarakat bergantung dan mengandalkan roda perekonomiannya dari beternak. Abubakar menjelaskan bahwa banyak ragam yang bisa diperoleh dari peternakan, dimulai dari komoditas utama berupa hewan ternak hingga kotorannya yang bias dijadikan sumber penghasilan dengan melakukan berbagai pengolahan hingga bisa menjadi biogas sebagai sumber energy dan pupuk kandang guna mendukung sector pertanian. 

“Pasalnya, Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi alam yang sangat potensial untuk mendukung sector peternakan, selain factor iklim yang sangat cocok, kondisi geografis yang terdiri dari pegunungan juga sangat memudahkan para peternak untuk mencari sumber makanan bagi hewan ternaknya,” terang Abubakar ketika membuka Kontes Ternak Tingkat Kabupaten Bandung Barat yang diselenggarakan pertama kalinya oleh DInas Peternakan dan Perikanan (Disnakan), di lapangan SPN Cisarua, Minggu (21/4) siang kemarin. Namun, agar sector peternakan tetap bias bersinergi dengan sector lainnya, Abubakar menghimbau para peternak untuk selalu memperhatian kelestarian lingkungan dengan meminimalisir pencemaran akibat pembuangan limbah kotoran ternak yang dilakukan sembarangan. 

“Jadi, pengolahan limbah dan kotoran ternak menjadi hal yang wajib dilakukan, sehingga memiliki daya guna dan manfaat tanpa menimbulkan ekses negative bagi masyarakat yang berada disekitarnya. Sementara itu, Kepala Disnakan Kabupaten Bandung Barat, drh. Adiyoto mengatakan bahwa kontes ternak seperti ini dilakukan sebagai salah satu bentuk perwujudan visi Disnakan Kabupaten Bandung Barat agar terwujudnya pemberdayaan masyarakat peternak melalui akselerasi agri bisnis disamping untuk mendukung Visi Kabupaten Bandung Barat Cermat. “Selain itu, kontes ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi dan semangat kerja para peternak, menggali potensi ternak unggulan hingga menjaring ternak terbaik yang akan diikutsertakan pada kontes ternak tingkat provinsi dan nasional,” tuturnya. Ia menjelaskan bahwa ada 6 jenis hewan ternak yang diipertandingkan pada kontes kali ini, yakni sapi perah, sapi potong, domba, kambing, kerbau dan kelinci. Sedangkan yang menjadi juara umum pada kontes ternak kali ini dimenangkan oleh Kec. Lembang. (DI/Red)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...