Thursday, April 25, 2013

Abubakar Bersholawat dan Memborong Layangan Di Sindangkerta

SINDANGKERTA LawuNews - Bupati Bandung Barat, H. Abubakar melantunkan sholawat dengan para kader PKK Kec. Sindangkerta setelah pelaksanaan Penilaian Lomba Desa, lomba Posyandu dan Kader Posyandu se-Kabupaten Bandung Barat di Desa Sindangkerta, Kec. Sindangkerta, Selasa (23/4). Sebelum bersholawat, Abubakar memborong layangan pada bazaar murah terkait penilaian lomba desa tersebut dan langsung membagikannya kepada anak-anak yang berada disekitar lokasi. Abubakar mengatakan bahwa dirinya ingin selalu dekat dengan masyarakat dan tidak memberikan jarak antara dirinya sebagai bupati dengan masyarakatnya. 

Karena menurutnya, terjalinya kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat merupakan prasyarat suksesnya pembangunan. “sebagai seorang bupati, saya ingin selalu dekat dengan masyarakat. Dan dengan bersholawat dengan masyarakat diharapkan timbul rasa kebersamaan dan rasa saling memiliki diantara sesama,” ujar Abubakar. Begitu pula dalam pembangunan, khususnya di Kabupaten Bandung Barat, gotong royong menjadi salah satu strategi pemerintah daerah. Sehingga, akan tumbuh rasa memiliki dari masyarakat, karena dilibatkan langsung dalam kegiatan pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi yang menjadi kebijakan pemerintah daerah dalam pemberdayaan desa yang melibatkan masyarakat secara langsung didalamnya. Dan dalam pembangunan, khususnya di Desa, Abubakar meminta seluruh stakeholder terkait untuk senantiasa memahami perannya masing-masing mengingat desa merupakan pemerintahan yang lahir berdasar asal usul dan adat istiadat masyarakat. Jadi, menjaga memelihara semangat gotong royong merupakan tanggung jawab bersama. 

“Dengan dilibatkannya masyarakat dalam pembangunan melalui gotong royong dan didorong oleh stimulant dari pemerintah daerah, diharapkan akan melahirkan swadaya masyarakat yang mencerminkan kemandirian dan keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan. Pasalnya, untuk memaksimalkan pembangunan tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah saja. Tetapi, peran serta masyarakat melalui sadaya yang dilahirkan sangatlah diharapkan,” tegasnya. 

Terkait penilaian lomba desa yang tengah dilaksanakan, Abubakar menghimbau dinas terkait untuk segera memfasilitasi agar kegiatan pembangunan dan penyelenggaraan pembangunan bias berjalan sesuai dengan yang direncanakan . Sementara itu, Kepala Desa Sindangkerta, Agus Sadeli menuturkan bahwa pelaksanaan lomba desa merupakan ajang evaluasi bagi pemerintahan dan jajaran yang dipimpinnya untuk selalu berbuat dan berupaya semaksimal mungkin ditengah berbagai kekurangan yang dimilikinya. “Dan melalui penilaian lomba desa ini, saya mengajak masyarakat untuk selalu berbuat dalam melaksanakan pembangunan sesuai dengan yang telah dicita-citakan bersama untuk mewujudkan hari esok yang lebih baik dari hari ini,” tuturnya. Karena menurutnya, selama ini pemerintahan desa yang dipimpinnya selalu berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik dalam melaksanakan cita-cita masyarakat sesuai dengan kondisi dan kemampuan serta tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. (DI/Red)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...