Monday, May 27, 2013

BKBPM Kab. Ciamis Menggadakan Pelatihan Setrawan

Kepala Badan KBPM Kabupaten Ciamis, Drs. H. Dondon Rudiana, M.Si sedang meberikan sambutan pada acara pelatihan setrawan Kecamatan bertempat di Hotel Sinar Rahayu 3 Pangandaran, Selasa-Rabu (21-22/5). (Foto:Mamay)
n

CIAMIS.LawuNews  Upaya pengintegrasian yang dilaksanakan sejak tahun 2011, menuntut adanya perubahan pola pikir dan pola kerja, tidak hanya pada tataran fasilitator dan konsultan, namun juga pelaku birokrasi. Untuk itu, perlu adanya peningkatan kapasitas, tidak hanya untuk masyarakat, namun juga pelaku birokrasi diantaranya para pemerintah daerah/ setrawan Kecamatan. Dengan demikian untuk mendorong pelaksanaan tugas dan dalam upaya memberikan pemahaman konsep untuk meningkatkan kapasitas aparatur perlu dilaksanakan pelatihan aparat pemerintah daerah di Kecamatan yang dilaksanakan melalui kegiatan PNPM Mandiri perdesaan integritas SPP-SPPN tahun 2013 di Kabupaten Ciamis.

  Hal tersebut dikemukaan Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Dondon Rudiana, M.Si dalam acara pelatihan setrawan Kecamatan yang digelar selama dua hari, Selasa-Rabu (21-22/5) bertempat di Hotel Sinar Rahayu 3 Pangandaran. Menurutnya, tujuan dari kegiatan pelatihan setrawan Kecamatan ini adalah dalam rangka meningkatkan pemahaman substansi terkait panduan integrasi PNPM Mandiri perdesaan dan PNPM MPD integrasi, meningkatkan pemahaman substansi terkait Perencanaan Pembangunan Desa (PPD), termasuk teknis penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa serta memberikan penyadaran akan tanggungjawab sebagai aparat pemerintah daerah dalam penanggulangan kemiskinan. 

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BKBPM selaku PJO Kabupaten Ciamis, Saptari Tarsino, SE, M.Si menambahkan, dasar penyelengaraan pelatihan setrawan Kecamatan tahun 2013 adalah KAK dan RKA satker PNPM MPd integrasi SPP-SPPN pada Badan KBPM Kabupaten Ciamis melalui PAP tahun anggaran 2013. Metode yang digunakan dalam proses pelatihan ini, kata Saptari, dengan substansi menggunakan pendekatan pendidikan bagi orang dewasa dalam upaya membangun motivasi, implementasi pengintegrasian perencanaan pembangunan dan tekhnis operasional setrawan Kecamatan. 

Dalam kegiatan tersebut, kata Saptari, diikuti peserta pelatihan sebanyak 36 orang yang terdiri dari para setrawan Kecamatan dari Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran dengan menghadirkan narasumber dari Pemkab Ciamis serta tim fasilitator Kabupaten PNPM Mpd. (Mamay/Dian)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...