Tuesday, June 25, 2013

Pembangunan Aula Balai Desa Gunungsari Segera Dimulai

 
Pembangunan Aula Balai Desa Gunungsari segera Dimulai
 CIAMIS.LawuNews 
    Setelah menunggu hampir 44 tahun masyarakat Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, bisa bernapas lega. Pasalnya, harapan mereka untuk memiliki Gedung Pemerintahan sebagai pusat pelayananmasyarakat ada titik terang seiring dengan direalisasinya permohonan untuk rehabilitasi pembangunan Aula Balai Desa yang memang usianya sudah tua.
     Bangunan Aula Balai Desa tersebut memang dibangun tahun 1969 sama dengan Kantor Balai Desanya, kondisinya sangat memprihatinkan sehingga ketika ada kegiatan di pusatkan di Aula Balai Desa, suka membikin was was takut takut bangunan tersebut ambruk. Kepala Desa Gunungsari, Apud Saripudin, disela-sela peletakan batu pertama Aula Balai Desa Gunungsari membenarkan hal tersebut. Kondisi Aula Balai Desa dan Kantor Balai Desa sama-sama sudah memprihatinkan, tapi yang paling parah kondisi Aula Balai Desanya, Aula Balai desa sendiri luasnya 9 x 14 meter satu lantai dan berdiri diatas lahan 1000 meterpersegi. 
     Ketika ada dana cair dari aspirasi Dewan, maka pembangunan Aula Balai Desa yang didulukan. Kegiatan pembangunan Aula Balai Desa menghabiskan anggaran Rp 417 juta. Dari anggaran sebesar itu baru terlealisasi Rp 100 juta bersumber dari dana aspirasi DPRD dalam hal ini aspirasi Ketua DPRD Ciamis yang didanai dari dana APBD Kabupaten Ciamis. 
     Selain dana aspirasi dari Ketua DPRD Ciamis, Kata Apud, pembangunan juga melibatkan swadaya masyarakat berbentuk materi yang dianggarkan dari APB-Des sebesar Rp 32 juta yang disiasati dari satu kali pembayaran PBB. Sedangkan swadaya berbentuk tenaga melibatkan seluruh masyarakat Desa Gunungsari yang pelaksanaannya bergiliran selama 3 bulan. 
      Dari total kebutuhan buat pembangunan Aula Balai Desa sebesar Rp 417 juta, saat ini baru terealisasi Rp 100 juta, pihaknya memprediksi hanya sampai tahap finishing pemasangan genting. Untuk itu pihaknya meminta kepada Pemkab Ciamis, ada bantuan lanjutan dari APBD perubahan tahun anggaran 2013 untuk menuntaskan pembangunan Aula Balai Desa ini. 
   Ketua DPRD Ciamis, H. Asep Roni, berharap kepada masyarakat Desa Gunungsari untuk memaksimalkan bantun yang didapat serta mengetuk para dermawan untuk menyumbangkan sebagian rezekinya bagi pembangunan Aula Balai Desa Gunungsari, dan jangan terlalu tergantung kepada bantuan dari pemerintah. (Mamay/Dian/Red)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...