Saturday, July 27, 2013

Selama Ramadhan Ormas Dilarang “Sweeping”



CIAMIS.LawuNews
    Untuk menjaga kondisufitas di Kabupaten Ciamis yang selama ini sudah tercipta dan terpelihara dengan baik, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Ciamis kembali mengingatkan agar tidak ada aksi "sweeping" yang dilakukan ormas manapun selama bulan puasa ini.Jika ada ormas yang melanggar larangan itu, maka pihak Polres pun tidak akan segan-segan untuk melakukan tindakan tegas. Ancaman yang diberikan pihak Polres terhadap ormas yang memaksakan melakukan aksi "Sweeping" itu dilontarkan Kapolres Ciamis AKBP Witnu Urip Laksana. "Ingat, kami tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas bilamana masih ada ormas yang memaksakan melakukan aksi ‘sweeping' selama Bulan Ramadan ini. 
    Saat ini kondisi keamanan di Kabupaten Ciamis sedang kondusif sehingga jangan sampai dengan adanya `sweeping' justru malah jadi tidak kondusif," ujar Witnu Urip. Menurutnya, pihaknya sangat tidak mengharapkan terjadinya aksi anarkis yang dipicu akibat adanya aksi "sweeping" yang dilakukan ormas. Setiap kali ada yang bertindak anarkis, maka pasti akan diproses sesuai hukum yang berlaku tanpa mengenal siapa pelakunya. Pelaku yang terlibat akan dikenakan pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman minimal lima tahun penjara. Terlebih jika aksi anarkis itu hingga menelan korban jiwa (tewas) yang ancaman hukumannya lebih berat lagi yakni 15 tahun penjara. Diakui Witnu Urip kondisi Kabupaten Ciamis yang saat ini kondusif ini tidak terlepas dari upaya berbagai pihak, termasuk jajaran kepolisian yang selama ini gencar melakukan tindakan preventif dengan menggelar operasi berbagai jenis penyakit masyarakat (pekat). 
   Tak hanya razia terhadap miras, polisi juga gencar melakukan razia terhadap jenis pekat lainnya, di antaranya prostitusi dan perjudian. Dan hal ini tidak hanya dilakukan menjelang Ramadan saja namun terus berlanjut pada saat bulan Ramadan. "Mungkin karena sebelumnya kami juga getol menggelar sosialisasi, Ahamdulillah selama Bulan Ramadan ini kita tidak pernah menemukan kegiatan-kegiatan yang dianggap menyimpang. Mungkin hal ini akibat semakin tingginya kesadaran masyarakat sehingga selama Bulan Ramadan ini kondisi di Kabupaten Ciamis benar-benar kondusif," imbuhnya. Kapolres juga mengimbau kepada seluruh Kapolsek agar bertanggungjawab dalam menjaga kondusifitas daerahnya masing-masing. (Mamay/Dian/Red)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...