Monday, February 24, 2014

SMK Al Fattah Menerapkan Pendidikan Islamic Boarding School

Ciamis (Lawunews.Com) 
Pentingnya pendidikan disusul dengan kebijakan pemerintah bahwa tahun 2012 dimulai wajib belajar 12 tahun atau siswa lulusan tingkat SLTP baik SMP/MTs wajib melanjutkan ke tingkat SLTA, karena pemerintah akan memberikan subsidi pada jenjang SLTA sama halnya dengan ditingkat SLTP, oleh karena itu tidak beralasan siswa tidak melanjutkan ke tingkat SLTA (SMASMK/MA). 

Maka agar tercapainya pemerataan kesempatan dalam memperoleh pendidikan tersebut, yayasan pendidikan Islam Al Fattah Bojongmengger membuka kesempatan dengan menyedikan lembaga pendidikan formal yang dipadukan dengan pendidikan kepesantrenan, bertujuan guna mencetak siswa berkeahlian, berbudi luhur berakhlaqul karimah dan mampu masuk dunia kerja global, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan pendidikan yang aplikatif dan mengantisipasi persaingan kerja di era informasi dan komunikasi kemudian menjawab semakin banyaknya animo masyarakat untuk membekali anak-anaknya dengan pendidikan yang keterpaduan dengan pendidikan agama, dijawab lembaga Al Fattah dengan membuka sekolah SMK Al Fattah yang beralamat Jalan Cimengger Desa Bojongmengger 46271 Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. 

Yayasan pendidikan islam Al Fattah selain membuka jenjang pendidikan SMK juga membuka jenjang pendidikan TK Terpadu Al Fattah dan MTs Al Fattah. Dengan dukungan fasilitas pendidikan ruang belajar lengkap, laboratorium komputer dengan jaringan lengkap, bengkel otomotif, ruang perpustakaan, sarana ibadah/ mesjid, sarana transportasi dan komunikasi, jaringan internet, kopontren, sarana olahraga serta asrama pemondokan.

 Hal itu dikemukaan Kepala SMK Al Fattah, Asep Miftah, MPd, yang didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al Fattah, Ky. Ali Ma’sum, AR, sewaktu disambangi Lawunews.Com di kantornya yang beralamat Jalan Cimengger Desa Bojongmengger, belum lama ini. 

Menurutnya, lembaga pendidikan yayasan Al Fattah dibina dalam Islamic Boarding School System dengan pola inovatif yang berdasarkan kepada prinsip keterpaduan sistematik antara pengetahuan, keahlian dan ilmu agama.Keterpaduan pendidikan yang berorientasi pada kecakapan, keterampilan, keahlian dan pembiasaan yang berbasis pada kekuatan akhlaqul karimah. 

Keterpaduan pengajaran salaf dimasukan pada kurikulum sekolah. Keterpaduan ragam pengajaran kitab-kitab kuning di asrama pemondokan serta keterpaduan pembinaan kemandirian dengan disediakan asrama pemondokan, kata Asep Miftah. 

Keunggulan-keunggulan bersekolah di SMK Al Fattah, papar Asep Miftah, disediakan bermacam-macam beasiswa diantaranya beasiswa berprestasi dari sekolah asal (SMP/MTs), beasiswa berprestasi berkelanjutan tiap semester dan beasiswa tidak mampu dengan keterangan SKTM. 

Di SMK Al Fattah disediakan dua program kompetensi keahlian diantaranya program keahlian rekayasa perangkat lunak dan tekhnik kendaraan ringan. 

Sementara teknik pembelajarannya lebih banyak mendalami ilmu agama, tahfidz juz amma dan surat-surat lainnya, ekstrakulikuler yang beragam, pengajian setelah berjamaah sholat dzuhur serta magang atau prakerin di tempat-tempat yang berpotensi dan perusahaan-perusahaan besar bagi siswa SMK. 

Saat ini dalam rangka menempatkan setiap lulusan-lulusannya, SMK Al Fattah, tegas Asep Miftah, pihaknya bekerjasama dengan PT. TAMMIM, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, CV. Sinar Mas Honda Tasikmalaya, CV. Sinar Mas Toyota Tasikmalaya, PT. Cipaganti Citra Graha, DIESEL 209 Bandung (Automotive Service), ARTINA Motor Service Bandung, BM Service, RIZ Motor Banjar, ADE Komputer, Perguruan Tinggi PUSKOM AMIK HASS Tasikmalaya, Ann’s Computer Tasikmalaya, RSU PRASETYA BUNDA Tasikmalaya, PT Gapuraning Rahayu, PT. Bahagia Utama, HZ. Komputer, Dinas Pemerintahan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar. (Mamay/Dian)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...