Saturday, March 29, 2014

KPUD Ciamis Menggelar Ikrar Kampanye Damai

Ciamis (Lawunews.Com) 
Para pimpinan partai politik dan sejumlah calon legislatif di Kabupaten Ciamis sepakat untuk melaksanakan kampanye damai.  Kesepakatan ini dituangkan dalam sebuah perjanjian yang ditandatangani oleh mereka dengan disaksikan unsur Polres Ciamis, unsur Kodim Ciamis, Kejaksaan Negeri Ciamis beserta unsur Muspida Kabupaten Ciamis yang digelar di Taman Raflesia Alun-alun Ciamis. Kegiatan ikrar kampanye damai ini digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Ciamis. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat tercipta kampanye serta pemilu yang damai, tidak menimbulkan ekses yang tak diharapkan.
 
Ketua KPU Ciamis, Kikim Tarkim mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar sehari sebelum pelaksanaan kampanye terbuka dimulai. Pelaksanaan kampanye terbuka sendiri dimulai Minggu beberapa waktu lalu.“Janji kampanye damai ini disepakati oleh semua pimpinan partai politik peserta pemilu, KPU, Panwas, serta jajaran Muspida Ciamis. Semua membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan terhadap dilaksanakannya kampanye damai, “ujar Kikim.
 
Kikim berharap, seluruh parpol atau caleg di Kabupaten Ciamis menepati janjinya untuk melaksanakan kampanye  damai dan menciptakan pemilu yang jujur, adil, dan sukses. Diharapkan pula, deklarasi kampanye damai ini menjadi langkah awal bagi KPU dalam melaksanakan kampanye terbuka.
 
Sementara itu Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan mengingatkan, para peserta pemilu agar tertib dan mentaati aturan yang telah ditetapkan dalam melaksanakan kampanye rapat umum. Menurutnya, aturan tersebut diantaranya meliputi menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan masyarakat atau tidak melanggar peraturan lalu lintas serta kampanye sesuai dengan jadwal dan zona yang sudah diatur. “Kampanye  yang tetap mengedepankan kampanye damai, kegiatan kampanye harus mentaati aturan, “katanya.
 
Kegiatan deklarasi kampanye damai dengan cara penandatanganan  bersama ini dilanjutkan dengan karnaval kendaraan hias yang diikuti kendaraan tiap-tiap partai politik peserta pemilu. Tiap partai politik, hanya diperbolehkan menurunkan dua unit kendaraan untuk mengikuti karnaval ini. Kegiatan karnaval dimulai dari kawasan alun-alun kemudian menyusuri sejumlah ruas jalan diperkotaan Ciamis.
 
Tindak Tegas
 
Sebelumnya, Sabtu pagi pukul 07.00 WIB, jajaran Polres Ciamis melaksanakan gelar pasukan pengamanan pemilu 2014. Acara ini dilaksanakan dilapangan Mapolres Ciamis. Kapolres Ciamis, Ajun Komisaris Besar  Polisi Witnu Urip Laksana dengan tegas menyatakan pihaknya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas terhadap siapapun yang melakukan aksi anarkis selama masa kampanye terbuka.
 
“Kami akan coba melakukan langkah pendekatan, namun jika ternyata masih ada pihak-pihak yang membandel melakukan pelanggaran apalagi aksi anarkis, kami tidak segan-segan memberikan tindakan tegas terhadap mereka, “ujar Witnu.  Kapolres menghimbau semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kampanye dan juga pemilu untuk selalu menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan. Maka dari itu, Kapolres meminta semua mentaati aturan yang telah ditetapkan.
 
Kapolres menghimbau, menghadapi kampanye terbuka, pihaknya menghimbau supaya tidak menggunakan kendaraan barang seperti kendaraan bak terbuka untuk digunakan membawa manusia. Larangan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat pelaksanaan kampanye. 
 
Kurang Antusias
 
Kampanye pemilu damai yang diikuti oleh partai politik dan para calon legislatif (caleg), Minggu (16/3) yang digelar didaerah pemilihan di beberapa dapil dari pantauan Wartawan tampak biasa-biasa saja seakan-akan masyarakat tidak peduli dengan kedatangan rombongan kampanye. Kampanye yang diselenggarakan dengan cara karnaval kendaraan, dengan mengambil star dari Alun-alun Ciamis tidak begitu mengundang antusiasme warga. 
 
Bahkan banyak warga yang mengungkapkan tidak tahu, adanya kampanye karnaval tersebut.Adapun warga yang tinggal di pinggir jalan dan kebetulan terlintasi karnaval, mengetahui saat iring-iringan melintas. “Tadinya belum  tahu, saat lihat iring-iringan kendaraan lengkap atribut parpol baru tahu ada kampanye, “ujar salah seorang warga di lokasi pertigaan nagrak Kecamatan Ciamis beberapa waktu lalu.
 
Ucapan demikian diungkapkan tak hanya oleh warga nagrak Kecamatan Ciamis tapi diungkapkan juga oleh warga di Kecamatan lainnya. Iring-iringan kampanye damai diikuti oleh semua parpol dengan menggunakan kendaraan  yang sudah dihias dan dikemas dengan atribut masing-masing partai dan caleg.
 
Namun demikian sepanjang jalan yang terlintasi tidak begitu nampak kerumunan warga yang menyaksikan karnaval. Adapun warga yang menyaksikan hanya sebatas warga yang mempunyai rumah di pinggir jalan. Padahal, kalau melihat peserta kampanye sangat meriah dan banyak.  Kondisi demikian dibenarkan oleh sejumlah warga dibeberapa tempat. Mereka umumnya mengatakan kalau warga kurang bergairah untuk melihat karnaval kampanye dan memilih beraktivitas lain. (Tim)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...