Saturday, March 29, 2014

49 Orang Tenaga Keperawatan Mengikuti Pelatihan BCLS dan BTLS

Ciamis (Lawunews.Com) 
Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Ciamis dalam rangka memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat akan kebutuhan kesehatan,  menggelar pelatihan kepada para perawat yang berada di Kabupaten Ciamis. Pelatihan tersebut meliputi tekhnik Basic Cardia Life Suport (BCLS) dan Basic Trauma Life Suport (BTLS) yang diikuti 49 orang peserta terdiri dari RSUD Ciamis, Puskesmas se-Kabupaten Ciamis, serta klinik-klinik yang tersebar di Kabupaten Ciamis.

Ketua PPNI Kabupaten Ciamis, Osep Hernandi melalui Ketua pelaksana kegiatan pelatihan  Basic Cardia Life Suport  dan Basic Trauma Life Suport, Deni Wahyudi disela-sela acara kepada wartawan mengatakan, selain melibatkan peserta tenaga kesehatan dari Kabupaten Ciamis juga melibatkan peserta dari tenaga kesehatan RSU Majalengka dan RSU Sumedang. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan merupakan program tahunan organisasi profesi dalam hal ini PPNI Kabupaten Ciamis, saat ini memasuki angkatan yang ke-VI. “Setiap tahunnya pelatihan BCLS dan BTLS serta kegawat daruratan ini digelar 2-3 kali, “kata Deni.

Pihak PPNI, kata Deni, dalam pelatihan BCLS dan BTLS ini bekerjasama dengan tim Pro Emergency Jakarta  serta Persatuan Dokter Spesialis Jantung Jakarta. Pelatihan ini memakan waktu selama 5 hari dari mulai tanggal 11-15 Maret beberapa waktu lalu bertempat di Kantor PPNI Kabupaten Ciamis di Jalan Koperasi.  “Hasil dari pelatihan ini nantinya para peserta mendapatkan sertifikat yang diantaranya dari PPNI Provinsi Jawa Barat, Pro Emergency, Perki dan PPSDM Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, “ tutu Deni.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan BCLS dan BTLS atau kegawat daruratan, semua perawat yang ada di lingkungan Kabupaten Ciamis pada khususnya serta para perawat yang mengikuti kegiatan ini mampu melakukan tindakan-tindakan yang memang dihadapi dilapangan dalam kondisi dawat darurat. Salah satunya memberi tindakan kepada korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi dilapangan dengan dasar-dasar yang sudah diberikan pada pelatihan ini. Selain itu mampu memberikan tindakan-tindakan yang berhubungan dengan bencana kepada para korban atau KLB, karena dalam pelatihan BCLS dan BTLS juga diberikan materi triase penanggulangan, baik bencana alam maupun buatan.

“ Diharapkan kedepannya kegiatan ini tetap berjalan dengan program-program yang memang pihak profesi juga akan mensosialisasikan dan mensuport kepada para perawat baik dilingkungan Kabupaten Ciamis maupun diluar lingkungan Kabupaten Ciamis, untuk mengupdate pengetahuannya melalui pendidikan formal maupun informal melalui pelatihan ini, “harap Deni.

Salah satu peserta pelatihan BCLS dan BTLS, Dede Rukmana yang merupakan peserta dari tenaga asal Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Sumedang merasa bersyukur dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh PPNI Kabupaten Ciamis ini. Sebagai tenaga pelayanan kesehatan dirinya memerlukan basic dari dasar tekhnik-tekhnik untuk mengambil tindakan ke gawat-daruratan. Baik itu kegawat daruratan terhadap Cardio maupun masalah traumatic pada pasien.

“Kedepannya kegiatan ini supaya lebih continue sebagai dasar untuk pegangan para tenaga perawat dalam melakukan tindakan dilapangan. Kepada panitia untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana, “kata Dede. (Mamay)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...