Monday, June 30, 2014

Kesadaran Masyarakat Pangandaran Tentang Pentingnya KB Meningkat

Pangandaran (Lawunews.Com)
Kesadaran masyarakat Kabupaten Pangandaran mengikuti program Keluarga Berencana meningkat. Peningkatan mencapai 74 persen dari tahun sebelumnya. Hal itu dilihat dari jumlah calon peserta KB tahun 2014 ini. “Kesadaran masyarakat Kabupaten Pangandaran untuk melaksanakan program Keluarga Berencana (KB) di tahun 2014 cukup tinggi, “kata Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pangandaran, Rd Hj. Neneng Heny Naffandy sepulang dari acara Hari Keluarga Berencana Nasional (Harganas) yang dilaksanakan di Surabaya beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat untuk mengikuti program KB di Kabupaten Pangandaran tahun 2014 mencapai 74 persen dari sasaran 74,06 persen. Hal itu dilihat dari jumlah penduduk pada tahun 2014 mencapai 404.098 jiwa calon peserta KB. “Dengan laju pertumbuhan penduduk (LPP) tinggi, dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) 133.271 rata-rata dalam satu rumah sebanyak 3 orang, “tambah Heny.

Dengan jumlah tersebut bisa dikategorikan target pencapaian untuk program KB dikatakan berhasil. Karena untuk BP3APK2BPMPD tingkat Provinsi Jawa Barat saja hanya menargetkan 69 persen pada tahun 2014. “Selain itu juga, tingkat angka kelahiran sampai bulan April 2014 di Kabupaten Pangandaran dengan totalitas 209, “jelas Heny.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BP3APK2BPMPD) Kabupaten Pangandaran, Saepuloh mengatakan, dari jumlah  peserta target KB ynag tidak ikut KB hanya 21.884 orang. “Ada pun jumlah Ibu Hamil pada tahun 2014 dengan angka 2.181, dan Ibu Ingin Punya Anak Segera (IAS)  dengan jumlah 7.206, angka tersebut berdasarkan pendataan dari bulan Juli sampai dengan September 2013. Karena untuk pendataan evaluasi pencapaian akseptor baru dan akseptor aktif dilakukan tiap tahun pada bulan tertentu, “kata Saepuloh.

Kata dia untuk angka Ingin Anak Tunda (IAT) di Kabupaten Pangandaran saat ini dengan angka 4.239 orang dan untuk Tidak Ingin Anak Lagi (TIAL) dengan angka 8.258 orang. “Keberhasilan 74 persen itu ditunjang angka TIAL dan IAT, “katanya. (Mamay)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...