Tuesday, September 30, 2014

Pangdam I/BB Buka Acara Penanaman Pohon Secara Serentak Kegiatan Toba Go Green di Parapat

Simalungun (Lawunews.Com)
Pangdam I/BB diwakili Danrem 022/PT Kolonel Arm Broto Guncahyo, SSos membuka acara penanaman pohon secara serentak pada kegiatanToba Go Green Kodam I/BB tahun 2014, bertempat di Lapangan Helipet Girsang Sipangan Bolon Parapat Kabupaten Simalungun, Selasa 23/09/2014.

Pembukaan penanaman pohon serentak tersebut ditandai dengan penyerahan bibit pohon kepada perwakilan anggota TNI, Polri, Masyarakat, Mahasiswa dan Pramuka yang dilakukan antara lain Pangdam I/BB diwakili Danrem 022/PT,
Gubsu diwakili Kadis Kehutanan Sumatera Utara, Direktur Utama PTPN III, PTPN IV, PT Inalum dan Direktur Utama PT Toba PULP Lestari.

Dalam amanat tertulisnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu hari S SE MM yang dibacakan Danrem 022/PT Kolonel Arm Broto Guncahyo SSos, mengucapkan
terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerjasama antara Kodam I/BB dengan seluruh Stakeholder, baik pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kabupaten yang berada di sekitar kawasan Danau Toba, BUMN, Perguruan Tinggi, insan pers dan seluruh elemen masyarakat yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara, dalam rangka ikut serta mensukseskan kegiatan “Toba Go Green” yang telah dicanangkan sejak tanggal 5 Oktober 2011 yang lalu dan akan dilanjutkan sepanjang tahun.  Sehingga target yang diharapkan berkisar lebih kurang 40 juta pohon dapat tercapai untuk menghijaukan wilayah kritis di sekitar kawasan danau toba yang luasnya lebih kurang 380.000 hektar.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan, sejak dicanangkannya kegiatan Toba Go Green pada Tahun 2011, penanaman pohon yang telah dilaksanakan  sampai dengan hari ini  berjumlah 2.529.745 pohon yang tersebar di 7 Kabupaten di sekitar kawasan Danau Toba, meliputi Kabupaten Dairi, Humbahas, Taput, Tobasa, Samosir, Simalungun dan Kabupaten Karo. 

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan tindak lanjut  dari pencanangan kegiatan Toba Go Green Tahun 2014 yang lalu, tepatnya di Desa Lintong Nihuta Kecamatan Tampahan Kabupaten Tobasa, dengan target penanaman pada tahun 2014 ini sebanyak 1 juta pohon. Dan pencapaian penanaman pohon sampai dengan minggu ketiga bulan September 2014 sudah mencapai 345.490 pohon, yang di harapkan dapat menggugah semangat kita untuk tetap menjamin hijaunya kembali kawasan ekosistem di sekitar Danau Toba.

Pangdam I/BB mengajak seluruh elemen masyarakat  untuk meningkatkan sinergitas jalinan kerjasama yang sudah terwujud dengan baik selama ini, sehingga komitmen kita untuk membantu pemerintah dalam rangka mengurangi pemanasan global atau global warming, serta melindungi integritas ekosistem sebagai upaya pemulihan konservasi kawasan Danau Toba yang berbasis ramah lingkungan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Pada akhir amanatnya Panglima Kodam I/Bukit Barisan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran pemerintah Provinsi Sumatera Utara, BUMN, Perguruan Tinggi, dan seluruh elemen masyarakat Sumatera Utara, atas partisipasinya dalam mensukseskan kegiatan toba go green. Dengan harapan apa yang kita lakukan ini akan bermanfaat kepada anak cucu kita kelak.

Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan Toba Go Green yang dilaksanakan Pangdam I/BB tahun 2014 yang mengambil lokasi di Kabupaten Simalungun. Dimana kegiatan ini, membantu Pemkab Simalungun dalam memberikan pelayanan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati berharap kegiatan toba go green ini dapat terus berlanjut, dan menanam tanaman yang memberikan bermafaat untuk masyarakat terutama yang berada di sekitar kawasan Danau Toba. Disamping itu kegiatan ini juga diharapkan dapat mengatasi lahan-lahan kritis di Kabupaten Simalungun khususnya di kawasan Danau toba, sehingga hutan di sekitar Danau Toba tetap  hijau sebagai areal pendukung daerah wisata Parapat. Dan memberikan rangsangan bagi masyarakat untuk lebih peduli dalam melestarikan serta turut serta menjaga alam sekitar.

Menyinggung tentang dukungan Pemkab Simalungun terhadap program penanaman satu milyar pohon, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Simalungun tetap mendukung program tersebut, bahkan memberikan batuan kepada masyarakat untuk penanaman pohon muda secara gratis.

Hadir Para Asisten Kasdam I/BB,Para Kabalak Kodam I/BB,Kadis Kehutanan Sumatera Utara,Bupati Simalungun, FKPD Kabupaten Simalungun,Direktur Utama PTPN III, PTPN IV, PT Inalum, Direktur Utama PT Toba PULP Lestari, Rektor Universitas Sumatera Utara, Rektor Universitas Negeri Medan,Ketua HDCI Provinsi Sumatera Utara, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda.
(Parulian Dolok Saribu)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...