Thursday, October 30, 2014

Petrnak Sapi KBB Menimba Ilmu Ternak Sapi Ke Selandia Baru

KBB (Lawunews.Com)
Ketua Kelompok Ternak Sapi Berceka Kab. Bandung Barat Dadang Alamsyah saat ditemui di rumahnya baru-baru ini mengungkapkan Banyak  ilmu yang didapatkan dari hasil study banding atau pelatihan  ke luar negri  yaitu ke negara Selandia Baru, belum lama ini, yang diikuti  hanya  10 orang peternak sapi  dari berbagai daerah di Indonesia dan dua orang penyuluh peternakan   yang   mengikuti Program Fonterra Dairy Scholarship di Taratahi Agricultural Training Centre di Masterton, Selandia Baru, Program tersebut  terselenggarakan  atas kerja sama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan RI dengan  Selandia Baru. 

Dadang  mengatakan pelatihan  tersebut  merupakan pengetahuan  emas bagi dirinya dan  para peternak sapi  Indonesia,  untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan teknologi serta cara-cara terbaik yang dikembangkan oleh Selandia Baru dalam pengelolaan peternakan sapi perah dan sapi potong juga mempelajari produksi susu berkualitas, pakan berkualitas, manajemen ternak serta sistem peternakan yang sehat dan efisien. 

Insya Allah, Pengetahuan ini kemudian dapat diterapkan di Indonesia dan disebarluaskan kepada peternak  lainnya khususnya di KBB. Hal ini diyakini akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi upaya peningkatan produksi susu dan dapat mengembangkan bibit  sapi perah unggulan di Kab. Bandung Barat.  Menurut dia, selama di selandia baru pihaknya mendapat pengalaman langsung melakukan agribisnis sapi perah langsung dari peternak maupun dari industry susu. 

saya belajar banyak hal baik teknologi, penanganan ternak, cuaca dan lain-lain, saya menjadi lebih bersemangat kembali untuk mengeluti usaha peternakan sapi ini, kata dadang. Selanjutnya Dadang berharap kepada pemerintah Kab. Bandung Barat  ataupun Provinsi Jawa Barat,  dalam  mengembangkan ternak sapi di Jawa barat serta memberikan motivasi, spirit baru bagi para peternak, pemerintah  berani mengimport  sapi unggulan  dari luar Negri,  sebagai bantuan untuk  dikembangkan oleh kelompok ternak khususnya di Jawa barat," ungkapnya   (Di)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...