Saturday, April 11, 2015

Bupati Simalungun Melakukan Kunjungan Kerja ke Nagori Dolok Maraja Kecamamatan Tapian Dolok

Simalungun (LawuNews) Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM bersama Sekda Drs Gidion Purba MSi serta beberapa pimpinan SKPD melakukan kunjungan kerja ke Nagori Dolok Maraja Kecamatan Tapian Dolok, Selasa 07/04/2015.

Kedatangan Bupati beserta rombongan di Nagori itu sekira pukul 07.00 WIB dan mendapat sambutan dari masyarakat yang sangat antusias berdatangan untuk menyambut
rombongan Bupati.

Tujuan Bupati dan rombongan ke Nagori Dolok Maraja untuk meninjau pelaksanaan gotong royong bersama masyarakat yang dirangkain dengan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan. Sedangkan kawasan pemukiman penduduk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaksanakan kegaiatan pemooggingan (pengasapan) untuk memberantas nyamuk demam berdarah.

Kegiatan social tersebut dilaksanakan oleh Pemkab Simalungun dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga diharapkan dengan lingkungan yang bersih maka akan tercipta masyarakat yang sehat.

Disampingitu, Pemkab Simalungun juga melakukan kegiatan layanan pembuatan KTP, Kartu Keluarga (KK), pengurusan akte lahir dan perkawinan catatan sipil. Dibidang kesehatan Pemkab Simalungun meluncurkan layanan KB (keluarga berencana) gratis kepada masyarakat seperti pemasangan implan yaitu alat kontrasepsi di bawah kulit.  Kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Bahapal Desa Dolok Maraja Kecamatan Tapian Dolok dan mendapat respon yang prositif masyarakat dari berbagai pelosok desa.          

Selanjutnya bupati bersama rombongan menuju kesebuah dusun terpencil yaitu Bintang Mariah Nagori Dolok Maraja yang berlokasi persis di dekat lereng Gunung Simbolon. Sejumlah warga sontak kegirangan dan langsung memberikan peluk-salam. “Saya sudah 35 tahun di kampung ini, baru kali ini bupati mau datang ke tempat kami,” kata seorang warga.

Di Bintang Mariah, Bupati melakukan dialog terbuka dengan masyarakat. Dikesempatan itu warga mengeluhkan belum adanya sarana air bersih. Kemudian, banyak yang belum memiliki KTP dan KK. Sementara jembatan Bah Ranggasan menuju Desa Bintang Mariah dinilai memprihatinkan sehingga butuh perbaikan.

Menyikapi aspirasi masyarakat, Bupati JR Saragih akan mengupayakan dana Rp 150 juta untuk pembangunan sarana air minum yang nantinya menjadi swakelola masyarakat. Kemudian, 77 KK dibantu dalam pengurusan kartu BPJS kesehatan, begitupula dalam pengurusan KTP dan KK. Sementara soal keluhan jembatan, bupati langsung menginstruksikan kepada Kadis PU Bina Marga Johanes SP agar segera melakukan upaya pembenahan. Kebijakan bupati itu disambut gembira oleh masyarakat.

Turut dalam rombongan bupati di antaranya, Asisten II Debora Hutasoit, Kabag Umum Pahala Sinaga, Kadis Kominfo Sarimuda Purba, Kasatpol PP Rizal EP Saragih, Danramil 05/Serbelawan Kapt Czi P Naibaho, Camat Tapian Dolok, Ester Tambunan dan lainnya.

Di perjalanan, JR Saragih terharu begitu bertemu dengan seorang pelajar berseragam SD bernama Deni Lasria Br Silalahi yang berjalan sambil memundak goni berisi biji coklat seberat kurang lebih 4 Kg. Terakhir diketahui bahwa coklat tersebut hendak dijual ke pasar atas perintah orangtuanya. Bupati prihatin dan meminta coklat tersebut, lalu memberikan uang Rp 1 juta kepada Deni. (M.Parulian Doloksaribu/Hotbi Sianturi)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...