Sunday, March 2, 2014

BKBPM Ciamis Gelar Bimtek Website Prodeskel

Ciamis (Lawunews.Com)  
Berbicara data pada dasarnya merupakan sumber utama dalam menentukan kebijakan disetiap lini program. Oleh karena itu, perlu ada perubahan data. Perubahan adalah yang diharapkan dari yang belum ada menjadi ada, dari yang sudah ada dimutakhirkan alias di up date.Tetapi ada yang tidak berubah yaitu perubahan itu sendiri. Bertekad untuk menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini. Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BKBPMPD) Kabupaten Ciamis melalui Bidang Pemerintahan Desa BKBPMPD menyelenggarakan Bimtek Aplikasi Website Prodeskel selama dua hari Rabu-Kamis (26-27/02), bertempat di Hotel The Priangan Ciamis dengan melibatkan desa-desa yang sudah masuk juara lomba desa tingkat kecamatan serta sudah masuk nominasi untuk tingkat Kabupaten dan yang belum sama sekali mendapatkan nominasi juara lomba desa baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. 

Saat ini dari 265 desa baru 179 sudah masuk tingkat nasional (profile desa sudah masuk tingkat nasional).Narasumber Bimtek Aplikasi Website Prodeskel adalah Pokja Prodeskel Kabupaten Ciamis dengan materi, kebijakan prodeskel di Kabupaten Ciamis, evaluasi dan target prodeskel Kabupaten Ciamis, entry data dan bimtek aplikasi website prodeskel dan Rencana Kerja Tingkat Lanjut (RKTL) dari Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BKBPMPD Kabupaten Ciamis, Drs. Dian Budiana, M.Si. Kepala BKBPM Kabupaten Ciamis, Drs. H. Dondon Rudiana, M.Si. mengucapkan selamat kepada para peserta bimtek aplikasi website prodeskel yang terdiri dari unsur pokja prodeskel kecamatan dan satu pengurus pokja prodeskel tingkat desa lokasi desa percontohan (pilot projeck) penyusunan dan pendayagunaan data profil desa/kelurahan tahun 2014. 

Pelaksanaan bimbingan teknis ini, kata H. Dondon merupakan implementasi dari peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan bertujuan untuk mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral.“Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi maka kemudahan yang ditawarkan oleh layanan IT (Informasi dan Teknologi) internet (interconnected network) relatif mempermudah dan mengubah cara pandang dan hidup manusia. kini orang dengan mudah dapat membeli barang-barang yang diinginkan hanya dengan membuka laptop dimanapun dia berada dan melakukan transaksi secara online melalui internet. Pembayaran dan penarikan transaksi keuangan pun sekarang lebih banyak dilakukan dengan on line. Termasuk informasi data profil desa dan kelurahan sekarang dikembangkan ke aplikasi website prodeskel secara online,” kata H. Dondon.
 
Dengan bimtek ini diharapakan mendorong percepatan agar seluruh desa dan kelurahan memiliki data profil desa dan kelurahan secara online sehingga dapat di ketahui potensi desa, typologi desa dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan dapat terpetakan desa-desa yang ada di Kabupaten Ciamis. Idealnya 265 desa dan kelurahan di Kabupaten Ciamis dapat terfasilitasi dalam penyusunan data profil desa dan kelurahan. Akan tetapi, diakui H. Dondon karena dukungan APBD Kabupaten Ciamis yang sangat terbatas, kami baru bisa memf'asilitasi 26 desa. Hal ini sama dengan tahun kemarin bedanya pada bimtek sekarang ini lebih terfokuskan pada belajar tentang aplikasi website yang lebih mudah dalam pengoperasian, mudah di akses dan aman dalam penyimpanan data. 

H. Dondon merasa bangga, kendatipun bimtek aplikasi website prodeskel baru sekarang dilaksanakan, tetapi peserta bimtek aplikasi website di tingkat provinsi dari kabupaten ciamis, telah memfasilitasi kepada desa-desa dalam percepatan pengisian prodeskel aplikasi website dari data yang ada sampai dengan akhir 2013 ada 129 desa/kelurahan yang masuk pada website atau 48,68% dari jumlah desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Ciamis.“Dengan bimtek ini, saya mengharapkan minimal 200 desa/kelurahan (75,47 %) dari jumlah desa/kelurahan dapat mengisi aplikasi website. Untuk itu agar para saudara mengikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh dan menindak lanjuti baik di tingkat kecamatan dan desa,” kata H. Dondon.

H. Dondon memberikan apresiasi kepada desa dan kecamatan yang telah menginput data ke dalam aplikasi prodeskel dengan inisiatif dari desa sendiri maupun yang difasilitasi pokja prodeskel kabupaten dan kecamatan sehingga ada 129 desa/kelurahanyang masuk di website.Narasumber Bimtek aplikasi website prodeskel yang merupakan Kepala Bidang pemberdayaan masyarakat BKBPMPD Kabupaten Ciamis Drs. Dian Budiana M.Si, mengatakan perlu diketahui bahwa amanat dari permendagri nomor 12 tahun 2007 pasal 48 ayat (2) pemerintah kabupaten/kota dan kecamatan wajib membina dan mengawasi teknis pelaksanaan pengumpulan, pengolahan analisis publikasi dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan. 

Penyusunan data profil desa dan kelurahan sebagai amanat dari peraturan menteri dalam negeri nomor tahun 2007 itu sebenarnya paralel dengan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 13 tahun 2007 tentang penyelenggaraan perlombaan desa dan kelurahan. Adanya profil desa/kelurahan yang di input ke website prodeskel merupakan syarat mutlak yang harus ada dalam pelaksanaan perlombaan desa dan kelurahan di Kabupaten Ciamis karena merupakan dasar pokok untuk bisa lolos ke tahap penilaian selanjutnya. (Mamay/Dian)

1 comment:

Unknown said...

Program Aplikasi Prof.Desa berbasis WEB itu apakah program dari Mendagri ya?

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...