Sunday, August 31, 2014

GPOI Garuda Canti Dharma Gelar Latihan Evakuasi Medis Udara

Puspen TNI (Lawunews.Com)
Global Peace Operations Initiative (GPOI) Capstone Garuda Canti Dharma 2014 menggelar latihan evakuasi medis udara dengan pesawat Helikopter Bolkow 105 milik Skadron 21 Serba Guna Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad), di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Sentul Bogor Jawa Barat, Minggu (31/8/2014). Evakuasi medis udara merupakan pelayanan lanjutan di lapangan ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi dan lengkap.

Latihan ini melibatkan tim kesehatan dan pesawat Helikopter Bolkow BO-105, dimaksudkan sebagai sarana evakuasi peserta latihan GPOI bila menderita atau mengalami sakit yang tidak bisa ditangani tim kesehatan setempat untuk dirujuk ke Rumah Sakit Pusat TNI AD Gatot Subroto Jakarta.

Tim dukungan kesehatan dari personel Kesehatan TNI terdiri dari 3 dokter (Kapten Ckm dr. Yudho, Lettu Laut dr. Sakti dan Letda Laut dr. Jakaria Zanzen) dan 19 perawat.

Adapun Aircrew Heli  Bolkow dengan nomor Registrasi HS-7054 terdiri dari Pilot Letkol Cpn Solehudin, Co-pilot Lettu Ilham Prabowo, Teknisi Serka S.W. Wibowo dan mekanik Serda Toto Sugiarto.

Latihan GPOI melibatkan 720 peserta dari 21 negara peserta yaitu :  Amerika, Bangladesh, Filipina, Indonesia, Jepang, Jordania,  Kamboja, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Mongolia, Nepal, Srilanka, Thailand, Vietnam, New Zeland, Australia, Tanzania, Afrika Selatan, Ukraina dan Jerman.  Latihan ini dibagi dalam tiga level yaitu: Senior Training Seminar (STS), Staff Training Event (STE) dan Field Training Event (FTE).
 
Autentikasi :
Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bernardus Robert

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...