Sunday, November 30, 2014

Bupati Simalungun Blusukan ke Beberapa Kecamatan dan Nagori

Simalungun (Lawunews.Com)
Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM melakukan “blusukan” ke berbagai kecamatan sambil memberikan motivasi kepada para aparat kecamatan, kelurahan, desa (nagori)  agar senantiasa peka terhadap kondisi masyarakatnya, Kamis 27/11/2014.

Saat melakukan blusukan, bupati mengunjungi warga yang sakit di Kecamatan Dolok Pardamean dan Girsang Sipangan Bolon. Selain mengunjungi warga yang sakit, bupati juga memberikan beasiswa kepada seorang pelajar di Dolok Pardamean.

Turut mendampingi bupati ketika
melakukan “blusukan” yakni Kadis Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jonni Saragih SIP, Kepala Bappeda Mixnon A Simamora SIP, Kadis Pendidikan Wasin Sinaga SPd MH, Kadis Kesehatan dr Jan Mourisdo Purba MKes, Kepala BKD Jamesrin Saragih SPd, Kepala BPMN Drs PM Damanik, Kasatpol PP Drs Mudahalam Purba dan Kabag Umum Pahala Redon Sinaga SSTP.

Mengawali blusukannya, Bupati meninjau pasar modern di Silimakuta, selanjutnya ke Kantor Camat Silimakuta, lanjut ke Kantor Camat Purba, Kantor UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Purba. Usai dari Kecamatan Purba kemudian ke Kecamatan Dolok Pardamean.

Di Kecamatan Dolok Pardamean, mengetahui adanya warga yang sedang sakit, Bupati spontan memerintahkan pihak kecamatan berkoordinasi dengan pihak Puskesmas untuk segera membawa warga tersebut bernama Peni Sinaga ke Rumah Sakit Umum Daerah Rondahaim Saragih di Pamatang Raya untuk mendapatkan perawatan. “Tugas kita sebagai pemerintah adalah melayani dan mensejahterahkan masyarakat”, ujar JR Saragih.

Masih di Kecamatan Dolok Pardamean, ketika habis membesuk warga yang sakit, “blusukan” berlanjut ke Kantor Puskesmas  dan Kantor Camat. Di tengah perjalanan menuju Kantor Camat, bupati beserta rombongan bertemu dengan beberapa anak yang sedang bermain. Ketika itu JR Saragih menemui para anak-anak sambil berkenalan. Saat berkenalan salah seorang anak bernama Browen Malau yang masih duduk di bangku SD kelas V menyebutkan bahwa orang tuanya laki-laki telah meninggal dunia dan ibunya seorang petani.

Mendengar ucapan Browen, Bupati prihatin dan spontan memerintahkan Kadis Pendidikan Wasin Sinaga SPd MH agar memasukkan Browen sebagai salah satu penerima bantuan beasiswa dari Pemkab Simalungun.

Kegiatan “blusukan”-pun berlanjut ke Dusun Panahatan Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.   Untuk menuju lokasi, bupati beserta rombongan harus mengunakan kapal agar bisa sampai di Dusun Panahatan. Sebab akses menuju lokasi hanya bisa dilalui dengan menggunakan kapal karena terletak di pinggiran danau toba.

Di Panahatan, Bupati menemui salah seorang warga yang sedang sakit diketahui bernama Rosenti Manik menderita penyakit keropos tulang. Lagi-lagi sikap seorang pemimpin ditunjukkan Bupati dengan menyampaikan akan memberikan kursi roda. Tindakan tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian maupun kepedulian pemimpin untuk meringankan beban yang sedang dihadapi masyarakat. “Karena sudah menjadi tugas pemerintah melayani masyarakat bukan untuk dilayani”,  ujar JR Saragih
. (M.Parulian Doloksaribu)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...