Sunday, March 29, 2015

Pemkab Simalungun Operasi Gratis 348 Penderita Katarak

Simalungun (LawuNews) Pemerintah Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan bakti sosial sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan, berupa operasi katarak secara gratis, yang dipusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Perdagangan Kecamatan Bandar, Rabu 25/03/2015.

Dari kegaiatan tersebut tercatat 348 warga masyarakat penderita katarak mendapat layanan operasi katarak. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pemkab Simalungun bersama Yayasan Tears International.

"Hari ini kita melakukan pengobatan gratis untuk operasi katarak. Semua gratis, bahkan makan pun kita kasih," kata Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM dihadapan beberapa wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik, saat meninjau pelaksanaan operasi tersebut.

Dikatakan, pelaksanaan kegiatan operasi katarak tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terlihat para penderita katarak datang dari berbagai daerah seperti, Kabupaten Karo, Pakpak-Dairi, Medan, Batu Bara dan lainnya. Pasien dilayani maksimal oleh tim medis dibantu 4 dokter spesialis.

"Yang berobat ke sini bukan hanya dari Kabupaten Simalungun saja, tadi saya ketemu dengan mereka (para pasien), ada yang dari Karo, dairi dan lainnya. Ternyata sentuhan seperti ini (operasi gratis katarak) sangat dibutuhkan oleh masyarakat," ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, operasi gratis tersebut akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan. Ke depan kegiatan seperti ini akan kembali dilaksanakan di dua rtumah sakit yaitu Rumah Sakit Umum Pamatangraya dan Perdagangan.

"Ini berlanjut terus, bahkan kita akan laksanakan di dua rumah sakit yaitu di Pamatangraya dan Perdagangan. Pemkab Simalungun akan tetap melakukan operasi ini. Bukan hanya penderita katarak, kita juga akan laksanakan operasi gratis Hermia, operasi bibir sumbing dan operasi lainnya,"imbuh Bupati.

Selain itu, Bupati Simalungun mengatakan bahwa dalam mendukung kegiatan ini, Pemkab Simalungun juga berupaya untuk melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang peduli dengan layanan kesehatan, seperti PTP dan siapapun saja yang ingin berpartisipasi dengan kegiatan seperti ini.

“Kita akan siap, bahkan Pemkab juga telah menyurati pihak-pihak yang akan melaksanakan kegiatan sosial seperti ini. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada para dokter yang telak melaksanakan kegiatan operasi ini untuk masyarakat,”ujarnya.

Dalam kesempatanitu, Direktur Utama  (Dirut) RSUD Perdagangan Dr Dame H Saragih mengatakan, operasi gratis katarak dilaksanakan selama 2 hari di RSUD Perdagangan mulai tanggal 25 s/d 26 Maret 2015. Jumlah penderita cukup banyak dan tercatat 348 orang sebagai pasien gratis. Program ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Simalungun kepada masyarakat.  Penderita katarak mayoritas di atas usia 50 tahun. Namun ditemukan juga berusia muda.

Sememtara itu, Seorang pasien bernama Mona warga Bandar Kecamatan Bandar  mengapresiasi kegiatan operasi gratis itu. Ia merasa bahagia dan menyampaikan terimakasih kepada Bupati Simalungun atas kepeduliannya terhadap masyarakat penderita katarak.

Tampak hadir dalam peninjauan tersebut, Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Parluhutan Marpaung, Anggota DPRD, Staf Ahli Bupati dan beberapa pimpinan SKPD di jajaran Pemkab Simalungun, Camat dan Muspika Kecamatan Bandar serta sanak keluarga pasien yang akan dioperasi.(M.Parulian Doloksaribu/Hotbi Sianturi)

No comments:

Koprasi Warga Cimahi Mandiri Menggelar RAT Tepat Waktu

Cimahi (LawuPost)  Koperasi yang sehat dan baik adalah Koperasi yang mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, dan Rap...